Kasat Lantas Sintang : Pemegang SKIJ Sudah Bisa Tukarkan SIM

SINTANG - Material SIM sempat kosong dua bulan setarakhir di Satlantas Mapolres Sintang, sehingga bagi pemohon SIM baru maupun sementara hanya bisa merekam dan selanjutnya dibekali Surat Keterangan Jalan (SKIJ) hal ini diungkapkan Kasat Lantas Polres Sintang,AKP Anton Satriadi pada media ini Minggu,(12/11).

Lanjut Kasat bahwa saat ini Material SIM sudah ada dan tersedia Pihaknya Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sintang-red meminta warga pemegang Surat Keterangan Jalan (SKIJ) pengganti SIM sementara segera menukarkan dengan SIM Asli.

Anton Satriadi memastikan, material Surat Izin Mengemudi (SIM) yang semula habis, kini sudah tersedia untuk menutupi kekurangan dua bulan kedepan.
“Material SIM sudah datang. Kemarin dapat 5 ribu material menutupi 2 bulan yang kosong terakhir. Stok masih sampai dua bulan kedepan. Mudah-mudahan tahun depan dapat lebih banyak material. Karena material ini bukan kami yang siapkan, tapi dari korlantas pusat,” katanya.

Bagi pemohon SIM baru dan atau memperpanjang yang semula diberikan SKIJ sebagai pengganti SIM Sementara, diminta Anton untuk ditukarkan dengan yang asli ke Polres Sintang.

“Kemarin hanya dapat surat izin mengemudi sementara sebagai pengganti mateial habis biar tidak ditilang. Boleh dibawa ke Polres nanti kami kasih SIM yang aslinya. Tukar saja,” pesan Anton.

Menurut Anton, ada banyak masyarakat yang mengajukan SIM baru atau perpanjangan diberikan SKIJ pengganti SIM sementara akibat kekosongan material. Jumlahnya mencapai 2 ribu orang.

“Jumlahnya cukup banyak Ini menandakan antusias kesadaran masyarakat untuk melengkapi sarat berkendara sudah tumbuh. Apalagi sekarang, perpanjangan SIM dari luar daerah, juga bisa dilakukan di Polres Sintang,” sebut Anton.
Rerata, setiap harinya pemohon SIM baru di Polres Sintang mencapai 20 orang. Angkanya lebih banyak yang memperpanjang, mencapai 40 orang per harinya. Anton menyarankan agar bagi siapa saja yang ingin memperpanjang SIM, usahakan 14 hari sebelum masa berlaku habis. “Upayakan jangan mendekati habis masa berlakunya, nanti lupa,” imbaunya.

(Sus)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Pos terkait