Hiburan

Ini Resep Membuat Es Lidah Buaya dan Manfaatnya

Manfaat lidah buaya memang sangat banyak, lidah buaya bermanfaat untuk rambut, kulit, jerawat, bahkan untuk dijadikan obat alami dibeberapa bagian tubuh manusia.  Perlu diketahui lidah buaya dalam bahasa latin disebut Aloe vera atau Aloe barbadensis Milleer. Lidah buaya merupakan sejenis.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti di University of Hawaii, penggunaan lidah buaya untuk rambut rontok telah digunakan semenjak zaman Mesir kuno. Lidah buaya mengandung enzim yang secara langsung meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat rambut tampil sehat. Enzim proteolitik yang terdapat dalam lidah buaya mampu membasmi sel-sel kulit mati di kulit kepala yang bisa menyumbat folikel rambut dan menyebabkan sulit tumbuh dan mendapatkan nutrisi.

Peran lidah buaya di sini adalah untuk menghilangkan/memecah sebum dan sel mati yang terdapat pada kulit kepala, dan memungkinkan untuk pertumbuhan rambut lebih lanjut. Sifat alkalizing lidah buaya dapat membantu membawa kulit kepala dan pH rambut ke tingkat yang lebih baik, sehingga proses pertumbuhan rambut dapat maksimal. Selain itu ia juga dapat membantu rambut menjaga air dan kelembaban.

2. Anti-pruritus

Anti-pruritus adalah suatu sifat yagn dapat meringankan gatal dan kekeringan yang biasanya terjadi dalam kulit kepala. Penyakit Pruritus dapat terjadi pada kulit termasuk kulit kepala tentunya. Psoriasis adalah penyakit auto-imun ditandai dengan produksi yang berlebihan dari sel-sel kulit. Sifat enzimatik lidah buaya memungkinkan untuk menghancurkan sel-sel kulit mati yang berlebihan. Herbal ini juga dapat mengurangi kemerahan, scaling, gatal dan radang kulit kepala yang disebabkan oleh psoriasis, yang secara langsung bermanfaat juga untuk rambut. Dalam sebuah penelitian yang terbitkan dalam Archives of Dermatology, lebih dari 80 persen pasien psoriasis diobati dengan lidah buaya menunjukkan perbaikan yang signifikan.

3. Anti Inflamasi/peradangan

Lidah buaya merupakan salah satu herbal yang dapat menjaga kulit kepala dari inflamasi atau peradangan terlebih bagi anda yang memiliki kulit kepala sensitif dan rentan terhadap iritasi. Ada berbagai zat yang dapat melakukan hal ini seperti Bradykinase, dan enzim analesgic anti-inflammatic, serta asam salisilat, yang merupakan senyawa aspirin, analgesik, dan anti-bakteri.

4. Mengurangi Ketombe

Manfaat lidah buaya juga telah lama digunakan secara herbal oleh penduduk Indonesia untuk pengobatan ketombe. Ketombe mungkin disebabkan oleh beberapa hal seperti kulit mati yang telah kita informasikan pada poin kedua. Namun ada beberapa penyebab lain dari ketombe seperti terdapatnya Malassezia danjamur lemak makan yang dapat hidup pada kulit kepala. Lidah buaya selain menghilangkan sel-sel kulit mati, ia juga memiliki sifat anti-jamur. Hal ini karena jamur tumbuh subur di lingkungan asam, dan sifat alkalizing dari Aloe Vera akan menyebabkan jamur tidak dapat bertumbuh dengan baik

5. Conditioning

Gel lidah buaya dapat digunakan untuk conditioning, manfaat lidah buaya untuk rambut adalah sebagai gel pendingin yang luar biasa. Zat seperti gel yang ada pada lidah buaya terdapat komposisi kimia yang mirip dari keratin, protein yang terjadi secara alami terdapat dalam sel-sel rambut.

6. Mencegah rambut rontok

Menggunakan lidah buaya untuk shampo dan conditioner akan membantu menjaga kesehatan rambut dan membuatnya tumbuh lebih sehat dan tidak rontok tentunya.

Rangkuman Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut

Meredakan Kulit Kepala GatalMengurangi Scalp Kemerahan & PeradanganMenambahkan Kekuatan & Luster RambutMenyeimbangkan pHMeningkatkan Pertumbuhan RambutMenyembuhkan Kulit Kepala yang Terkena Psoriasis & SeborrheaMudah meresap pada rambut & Kulit Kepala sebagai nutrisiAnti jamur properites meredakan KetombeMembantu Rambut Mempertahankan kelembaban & Mositure

5 porsi

1 buah Lidah buaya

1 sendok makan Kapur sirih

700 ml Air

secukupnya Sirup cocopandan

1 sendok teh Garam

1. Siapkan kapur sirih dan air, hancurkan kapur sirih aduk2 dalam air
2. Kupas lidah buaya, ambil dagingnya saja, cuci agar lendirnya berkurang
3. Potong-potong lidah buaya lalu rendam dalam air kapur sirih dan garam selama 1 jam
4. Setelah 1 direndam, cuci potongan lidah buaya sampai tidak berlendir dan kapur sirih yang melekat jadi terlepas.

1. Didihkan 700 ml air
2. Masukkan sirup cocopandan, aduk-aduk
3. Masukkan potongan lidah buaya, masak selama 10 menit dalam larutan air sirup ini.

Selamat mencoba ya Gans , anda pasti akan merasakan nikmatnya minuman es lidah buaya.

(Red)

To Top