Angin Kencang, Ikan Tangkapan Nelayan Kecamatan Kakap Berkurang

KUBU RAYA - Perubahan iklim dan buruknya cuaca beberapa pekan ini menyebabkan hasil tangkapan nelayan di Kakap semakin berkurang. Bahkan nelayan di Kecamatan Kakap saat ini tidak berani jauh-jauh pergi melaut dari bibir pantai.

Saat ini nelayan di Kakap tidak dapat hasil yang memuasakan selama buruknya cuaca. Para nelayan mengakui, hasil tangkapan saat ini hanya cukup untuk kebutuhan rumah tangga, sementara untuk menjual ikan ke pasar saat ini tidak dapat. Sehingga harga ikan beberapa pekan dipasar melambung tinggi.

"Saat ini hasil tangkapan menurun drastis.Angin kuat, apalagi kami disini banyak menggunakan sampan.Kalau pergi jauh-jauh cukup bahaya,"kata Pendi warga Rt.4/Rw.2,Desa sungai kakap di Kecatan Kakap Kabupaten Kubu Raya, Senin (20/11)

Menurut pengakuan nelayan ini,selain buruknya cuaca ditambah lagi musim angin.Gelombang laut pun cukup tinggi.Saat ini, para nelayan tidak berani lama-lama berlayar di laut. " Nelayan saat ini pulang lebih awal,"
ungkap Pendi.

Ia menggeluhkan, selama cuaca buruk pendapatan
mereka terutama tangkapan ikan mereka mulai berkurang tak seperti
biasanya. Biasanya para nelayan yang ada di Kecamatan lakap sekali melaut mampu menangkap sekitar 10 hingga 15 Kilogram menggunakan sampan, dengan ikan berbagai jenis.
"Semenjak cuaca buruk tangkapan ikan tak banyak lagi,hanya cukup
untuk makan bersama keluarga,"ujarnya

Menurut Pendi, jika cuaca sedang baik para nelayan dapat menempuh jarak lebih jauh dari bibir pantai. untuk mendapatkan tangkapan ikan yang banyak.Musim buruknuya cuaca
nelayan lebih banyak memperbaiki alat tangkapan yang rusak.

Semakin berkurangnya tangkapan ikan selama musim cuaca ini diakui oleh penyuluh Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kubu Raya Khairudin DKP Kecamatan kakap. Menurut nya,ini sudah hampir sepakan hasil tangkapan nelayan berkurang drastis. "Tangkapan nelayan susut cukup jauh, karena cuaca dilaut dan angin kencang saat ini,"kata pada awak media ini

Namun, ia berharap kepada nelayan, agar tetap waspada dan selalu memperhatikan perkembangan cuaca di laut. "Buruknya cuaca dan angin kencang diperkirakan sampai pertengahan Januari,"ungkapnya

.(Ismail)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Pos terkait