8 Narapidana Rutan Nabire Kabur

 

Manokwari– Baru sebulan pergantian kalapas nabire yang baru sebanyak 8 narapidana Lapas Klas II B Nabire berhasil melarikan diri dengan memanjat tembok pagar lapas menggunakan kain sarung yang disambung  dari belakang blok Kasuari, Kamis (22/11/2017) sore kemarin. 3 diantaranya merupakan tersangka bandar narkoba yang ancaman hukumannya diatas 5 tahun.

Bacaan Lainnya

Dimana jabatan sebelumnya selama sebulan terakhir Lapas Nabire ditinggalkan oleh Yosep Yembise yang kemudian digantikan oleh Sopian AMD.IP sebagai Kalapas  Nabire yang baru, sejak oktober 2017.

Sesuai informasi dihimpun tim redaksi (Jumat, 24/11/2017) Ke-8 napi ini kabur pada pukul 16:00 WIB sore hari di saat menjelang akan dilakukan penguncian sel kamar hunian. Pemicu kaburnya delapan Narapidana itu, Diduga  dengan adanya perubahan pola pembinaan yang diterapkan oleh kalapas yang baru. dimana napi-napi yang kabur ini merupakan napi yang kerap mengikuti kegiatan melawan sampah di luar lapas nabire.

Dimana oleh kalapas yang baru diklaim, bahwa semua kegiatan saat dijabat oleh yosep yambise tidak lagi dijalankan seperti memberdayakan para napi untuk kegiatan sosial diluar lapas bersama masyarakat setempat.

Bahkan beberapa kegiatan pembinaan lainnya peninggalan kalapas yang lama lainnya juga tidak lagi diteruskan seperti apel bersama petugas dan warga binaan.
Bahkan menurut penghuni lapas, sesuai informasi dihimpun ini, sosok kalapas yang baru tidak pernah masuk dan bercengkrama dengan para napi seperti kalapas sebelumnya.

Berikut nama napi yang kabur dari lapas nabire,Irfan Makuker, Martinus Pekei, Andi Bahtiar, Dedi Irjayadi, Melkianus Kore, Aris Pramono, Yohanes Lando, Nus Gobay.

Sementara itu Kepala Lapas Klas II B Nabire Sopian AMD.IP, SH.MH yang dihubungi oleh redaksi melalui sambungan telepon selulernya  membenarkan adanya 8 napi yang kabur namun dirinya belum dapat menjelaskan kronologis kejadiannya.

Baca Juga  Kapolda Sumsel Serahkan Reward Umrah kepada 8 Polisi Berprestasi dan Teladan

Sebelumnya, baik Yosef Yembise maupun Sopian, telah dilantik oleh Kakanwil Kemenkumham. Yosef Yembise dilantik pada tanggal 11 Oktober 2017 oleh Kakanwil Kemenkumham Papua Barat, Agus Soekono Bc.IP SH.

Sedangkan Sopian, dilantik oleh Kakanwil Kemenkumham Papua, Abner Banosro SH MH, 3 Oktober 2017 lalu.

Keputusan pelantikan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor : W.30-33.KP.03.03 Tahun 2017 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Administrasi di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Dalam acara serah terima jabatan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB tersebut, pejabat lama, Yosef Yembise, mengucapkan terima kasih, dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh Staf Lapas Kelas IIB Nabire atas kerjasama yang sudah dijalin dengan baik selama ini.

Dirinya juga optimis apa yang sudah dibuat akan terus dilanjutkan dan ditingkatkan lebih baik lagi oleh pimpinan yang baru.

Diakhir sambutannya, Kalapas Yosef Yembise, menitipkan Lapas Kelas IIB Nabire kepada Kalapas yang baru Sopian, dengan harapan ditangan Kalapas yang baru, Lapas Kelas IIB Nabire akan lebih baik lagi. Namun kenyataannya, baru sebulan menjabat 8 narapidana sudah kabur dari Lapas Kelas IIB Nabire.

Sumber : media kpknews

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.