Warga Desa Sungai Kupah Ikuti Upacara Makan Sepulung

 

KUBU RAYA– Warga Desa Sungai Kupah, Kecamatan Kakap, Kabupaten Kubu Raya, mengikuti upacara adat Leluhur Makan Sepulung”atau kegiatan adat yang biasa digelar setiap menjelang panen padi, Minggu (26/11).

Bacaan Lainnya

“Upacara ini budaya orang tua kita dahulu yang mulai hampir punah Sekarang kita angkat lagi tradisi itu agar diingat lagi oleh kalangan Muda mudi penerus Kita terutama para petani,” ucap Kades Sei Kupah Sabri M. Ali kepada Delikkalbar.com ketika menggelar upacara leluhur makan sepulung.

Dikatakannya, upacara ini merupakan warisan budaya leluhur yang intinya mewujudkan keseimbangan antara manusia dengan alam. Sehingga manusia, khususnya petani perlu bersyukur saat mendapatkan rezeki dari Tuhan dan kita juga ingin mengangkat budaya ke aripan lokal yang bernilai wisata.Tandasnya.

Ia menegaskan, berbagai jenis makanan yang dibawa ke lokasi upacara leluhur makan sepulung bukan pesugihan.Sebab, berbagai jenis makanan itu dimakan secara bersama-sama di tengah areal sawah.terangnya.

Dalam kegiatan tersebut, satu per satu warga mendatangi lokasi yang berada di tengah areal sawah,sekitar Lokasi di mana dilaksanakan.

Warga datang ke lokasi dengan membawa nasi kuning dan nasi putih serta berbagai jenis lauk pauk.Warga yang datang ke lokasi kemudian memakan berbagai jenis makanan tersebut secara bersama-saam,” pungkasnya.

Penulis ; Ismail

Editor : Deni Kurniawan

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.