Nasional

PAMI Sintang Gelar Demo HIV/Aids

 

SINTANG - Dengan pengawalan ketat puluhan anggota Polres Sintang Orasi yang dilakukan oleh para Mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Anggota Muda IAKMI (PAMI) Cabang Sintang di Bundaran Simpang 5 Tugu Adipura Kec. Sintang Kabupaten Sintang, pada pukul 06.00 wib, Jum'at (01/12/2017).dini hari.

Jauhi HIV/Aids "Kami Peduli Beraksi"jauhi penyakitnya jangan orangnya demikian sepenggal kata orasi yang disampaikan puluhan masyarakat yang mengatasnamakan anggota PAMI Cab. Sintang / Mahasiswa STIKES Kapuas Raya Sintang tersebut di bawah koordinator aksi pimpinan dari Heni Komrotun, Intan Alifa Amaliah, Antonius Subektian dan Anggerwudio Pangestu.

Dalam orasinya Kordinator Aksi menyampaikan Penjelasan tentang virus HIV dan AIDS baik Proses penularan virus HIV dan AIDS melalui hubungan intim, transfusi darah, jarum suntik dan air susu ibu (ASI) dan memberikan himbauan untuk menghentikan diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS.

"Kita juga menghimbau kepada masyarakat untuk menciptakan generasi muda yang sehat agar semua terhindar dari bahaya HIV/AIDS dan meminta kepada masyarakat agar tidak menjauhi serta memberikan semangat, motivasi kepada ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS)," terang Heni Komratun selaku Koordinator Aksi.

Dilokasi yang sama Kasat Sabhara Polres Sintang Iptu M.Rasyid selaku Koordinator Pengamanan kegiatan menyampaikan bahwa pengamanan dan pengawalan kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan pelayanan yang baik kepada peserta aksi.

"Aksi orasi ini digelar oleh adik-adik Mahasiswa pada lokasi jalan padat arus lalu lintas yaitu Jalan Simpang 5 Tugu Adipura Sintang, jika tidak kita kawal dan amankan nantinya beresiko adanya kemacetan dan menganggu para pengguna jalan lainnya," ujar Kasat Sabhara Polres Sintang.

Ditambahkanya Iptu M.Rasyid selain menggelar Orasi para peserta Aksi juga akan melakukan pembagian Pita Anti HIV/Aids dan melakukan pawai dengan menggunakan Sepeda Motor melalui route jalan Simpang Lima - Jalan lintas melawi - Tugu jam - Jalam MT.Haryono - Jl. Brigjen Katamso- Jl. Jendral Sudirman - Tugu Bambu- Jl. MT.Haryono - Tugu jam - Jl. Lintas Melawi dan kembali ke jalan Simpang Lima.

Terpisah Kapolres Sintang AKBP Sudarmin,melalui Kabag Ops Polres Sintang Kompol Bagus Nyoman Gede Junaedi, mengatakan bahwa meskipun pelaksanaan orasi dilakukan pada hari libur namun apabila kegiatan masyarakat tersebut sudah memiliki ijin kegiatan maka dari Polres Sintang akan memberikan pengamanan dan mengawal semua rangkauan kegiatan tersebut hingga selesai.

"Kita akan berikan pelayanan yang maksimal untuk kegiatan masyarakat, apalagi mereka sudah mengajukan ijin kegiatan, jadi wajib kita kawal," ungkap Kompol Bagus.

Diharapkan kepada seluruh masyarakat Sintang apabila akan melakukan kegiatan apalagi yang menggunakan fasilitas umum untuk tetap mengajukan ijin dan memberitahukan kepihak Polres Sintang, sehingga nantinya dari Polres Sintang akan memberikan bantuan pelayanan berbentuk pengamanan, pengawalan , penjagaan serta pengaturan lalu lintas jika dibutuhkan.

Aksi berlangsung dengan aman usai melakukan orasi para mahasiswa tersebut kemudian membubarkan diri.

Penulis : Susianti

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top