Hukrim

Warga Serawai Tutup Akses Masuk Tiga Titik PT SHP

 

SINTANG - Warga Dusun Batu Meja desa Mekar Sari Kecamatan Serawai Kabupaten Sintang pada Kamis ,(30/11) siang melakukan pemagaran di Tiga titik Akses menuju Divisi IV PT. SHP (Sumber Hasil Prima).

Tidak mau terjadi kericuhan maka pihak kepolisian setempat bersama pihak pemerintahan desa meluncur ke TKP untuk memonetor hal tersebut.pada Kamis,(30/11) siang.

Pemagaran tersebutenyusul adanya Protes/tuntutan dari masyarakat terkait dengan pengalihan pembangunan G 10 (Mess Karyawan) yang semula akan dibangun di Divisi IV beralih ke Divisi V tanpa adanya pertemuan sebelumnya.

Pada titik pertama lokasi pemagaran dilakukan pemagaran dikarenakan belum adanya ganti rugi kepemilikan tanah masyarakat yang dijadikan jalan poros perusahaan sepanjang 1,1 Km dari tahun 2012 sampai dilakukan pemagaran oleh pihak masyarakat kepada perusahaan PT. SHP (Sumber Hasil Prima).Adanya Pengambilan pasir/sertu milik masyarakat oleh perusahaan PT. SHP (Sumber Hasil Prima) tanpa adanya sepengetahuan masyarakat setempat maupun pemilik lahan.

Pada titik kedua lokasi pemagaran ditemukan adanya pembukaan jalan baru dan memindahkan patok tanah oleh pihak Perusahaan PT. SHP (Sumber Hasil Prima) tanpa sepengetahuan pemilik lahan.

Pada titik ketiga pemagaran, dilakukannya pemagaran dikarenakan masyarakat masih menuntut hak ganti rugi kepemilikan tanah yang dijadikan jalan areal sawit oleh pihak perusahaan PT. SHP (Sumber Hasil Prima).

Kapolsek Serawai IPTU Suwaris pada Media ini Jumat,(1/12) menyatakan pihaknya beserta Anggota didampingi Kades Mekar Sari melakukan Monitoring dan pengecekan Pemagaran yang dilakukan oleh masyarakat Desa Mekar Sari.

"Setelah mendapat informasi pemagaran Saya bersama anggota Polsek Serawai langsung melakukan koordinasi dengan kepala desa Mekar Sari terkait adanya Protes/tuntutan dari masyarakat terkait dengan pengalihan pembangunan G 10 (Mess Karyawan) yang semula akan dibangun di Divisi IV beralih ke Divisi V tanpa adanya pertemuan sebelumnya. permasalahan pemagaran tersebut yang kemudian akan dilakukan pemagaran maka kami monetor bersama jangan sampai ricuh,"ungkap Suwaris.

Dituturkan Kapolsek Serawai bahwa kesempatan tersebut dirinya memberikan himbauan kepada warga untuk tidak melakukan tindakan-tindakan anarkis, kapolsek juga akan Berkoordinasi dengan Kepala Desa setempat dan Pihak PT. SHP (Sumber Hasil Prima) untuk diadakan pertemuan terkait dengan masalah diatas supaya ada penyelesaian agar tidak berkepanjangan,"Pungkas Iptu Suwaris.

Penulis : Susianti

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top