Dinas PUPR PROV Kalbar, Peringati Hari Bhakti ke- 72

 

PONTIANAK – Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Prov. Kalimantan Barat di Jl. Ahmad Yani 1 kota Pontianak telah melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Bhakti PUPR ke 72 , Selasa (5/12) pukul 7.20 Wib. bertindak selaku inspektur Upacara Gubernur Kalbar Drs. Cornelis M.H dan sebagai Komandan upacara Kasi Unit V Robinson dan diikuti oleh ASN dan pegawai Honorer PUPR Prov Kalbar.

Bacaan Lainnya

Upacara tersebut di hadiri , Gubernur Kalbar Drs. Cornelis beserta Ibu, Kepala Dinas PUPR Kalbar Drs. MOSES tabah M.Sit beserta ibu, Kodam XII/TPR diwakili Aster Kodam XII/TPR Kolonel Jama ‘ah, Lantamal XII diwakili Pabanmatbek Mayor Laut Agus Prapto.
Kepala Dinas PUPR kota Pontianak, Perwakilan Forkopimda Kalbar, perwakilan Asisten Prov. Kalbar dan ASN dan Honorer PUPR Prov Kalimantan Barat.

Amanat Menteri PUPR, selamat pagi kami mengajak seluruh pegawai PUPR untuk mengucapakan puji syukur kehadirat Tuhan YME karena dapat berkumpul dalam rangka hari bakti PUPR ke 72 dan Darma baktinya bagi bangsa yang besar ini.Tepat 72 tahun yang lalu sebanyak 21 orang pegawai yang ditugasi menjaga Gedung Sate di Bandung yang merupakan gedung Departemen Pekerjaan Umum saat itu, mendapat serangan dari pasukan sekutu dengan berat.

Namun, Kekompakan, kebersamaan dan keberanian dengan daya juang tinggi dapat mempertahankan setiap jengkal Gedung Sate dan membuat mereka bertempur hingga tetes darah penghabisan. Peristiwa tersebut menyebabkan gugurnya tujuh orang pegawai PU, yakni Didi Hardianto
Kamarga, Muchtaruddin, Soehodo, Rio Soesilo, soebengat, Ranu, dan Soerjono yang kemudian disebut sebagai Pahlawan Sapta Taruna, hal itu menjadi tonggak sejarah bukti dari semangat berbakti untuk bumi pertiwi.

Hadirin yang saya banggakan,
Militansi dan daya juang yang tinggi dari
Pahlawan Sapta Taruna tersebut menjadi nafas setiap insan PUPR dalam bertugas, terlebih saat ini dimana pembangunan infrastruktur sedang
digenjot untuk mengejar ketertinggalan dari negara lain, termasuk dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Oleh karenanya, tema Hari Bakti PU tahun ini, “Bakti PUPR Bangun Daya saing Bangsa”, mengajak kita semua untuk meningkatkan kerja sama dan kekompakan dalam menuntaskan misi pembangunan infastruktur yang diamanahkan kepada Kementerian PUPR.

Hadirin yang saya hormati dan banggakan, tidak terasa kita sudah memasuki akhir tahun ke-3 Kabinet Kerja dibawah pemerintahan presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Berbagai capaian Kementerian PUPR telah dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, antara lain: Untuk ketahanan air dan pangan, telahdiselesaikan 9 bendungan (atigede, Titab, Nipah, Bajulmati Rajui, Paya Seunara,Teritip, Raknamo, dan Tanju) dan sedang dikerjakan secara paralel sebanyak 30 bendungan di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam rangka peningkatan konektivitas, telah diselesaikan pembangunan 2.623 km jalan baru (termasuk Jalan Trans dan Perbatasan Papua, Trans dan Perbatasan Kalimantan serta Perbatasan NT), jembatan baru bentang panjang, seperti Jembatan Tayan di Kalbar, Jembatan Merah Putih di Ambon, dan Jembatan Soekarno Hatta di Manado. Adapun beberapa jembatan baru berbentang panjang kini tengah dibangun, seperti Jembatan Teluk Kendal di Sultra dan Holtekamp di Jayapwa, Dari tahun 2015 hingga akhir tahun 2017 kita telah dapat mengoperasikan tambahan jalan tol baru sepanjang 568 km, Yang
merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera, sedangkan sampai akhir 2019, kita optimis untuk dapat menyelesaikan tol baru sepanjang 1.851 km, Dalam rangka peningkatan kualitas lingkungan permukiman, telah dimulai pekerjaan Sistem Pengembangan Air Minum (SPAM)

Umbulan di Jawa Timur yang telah
direncanakan sejak 40 tahun yang lalu, Kini kita tengah berupaya keras untuk mengembangkan beberapa SPAM lainnya melalui skema KPBU, seperti SPAM Bandar Lampung, Semarang
Barat, dan Jatiluhur, Sementara untuk mengembangkan kawasan perbatasan sebagai embrio pusat pertumbuhan wilayah, telah diresmikan pengoperasian 7 (tujuh) Pos Lintas Batas Negara (PLBN), yaitu: Skouw di Papua Entikong, Badau, dan Aruk di Kalbar, serta Mota ain, Motamasin, dan Wini di NTT.

Ketujuh kawasan perbatasan tersebut akan dilengkapi dengan prasarana & sarana permukiman, terutama pasar, sehingga nanti akan dapat berperan sebagai sentra ekonomi baru di beranda depan Indonesia. Di bidang perumahan telah dibangun sampai akhir Oktober 2017 sebanyak 2,2 juta unit rumah
terutama untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dalam bentuk rusun, rusus, rumah swadaya, bantuan PSU, serta fasilitas FLPP, SSB, dan BLM. Kementerian PUPR juga mendapatkan tugas mulia untuk mendukung perhelatan Asian Games 2018, dengan membangun berbagai
venues di GBK, Kemayoran, dan Jakabaring.

Penghargaan – penghargaan ini dapat memoovasi untuk meningkatkan kinerja dan pengabdian dalam melayani masyarakat untuk Indonesia yang lebih sejahtera. Sekalian berpolitik, tetap profesional dan tingkatan persatuan sesuai dengan corporate culture Kementerian PUPR.

Pelaksanaa upacara bendera hari bakti PUPR ke 72 aman dan lancar.

(Rls)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.