Busines

Presiden Jokowi Resmikan 16 Penyalur BBM Satu Harga

PONTIANAK – Presiden RI Ir H Joko Widodo meresmikan 16 lembaga penyalur bahan bakar minyak (BBM) satu harga di Terminal BBM Pertamina Pontianak, Jumat (29/12).

Menurut Presiden Joko Widodo, peresmian ini merupakan upaya pemerintah dalam mewujudkan energi berkeadilan bagi masyarakat di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) ditandai dengan kehadiran lembaga penyalur BBM satu harga ini.

“Ditargetkan masyarakat yang berada di wilayah 3T menjadi sasaran, dan bisa merasakan harga BBM penugasan sama dengan daerah lainnya,” kata Joko Widodo.

Dikatakannya, energi berkeadilan ini merupakan wujud nyata dari sila ke-5 Pancasila, yakni Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. BBM satu harga juga telah mendorong geliat roda perekonomian masyarakat, sehingga ke depan bisa berkembang seperti daerah lainnya.

Namun yang perlu dicatat adalah pengawasan dari berbagai pihak, baik dari aparat, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan agar BBM satu harga bisa dinikmati masyarakat dengan harga sesuai kententuan pemerintah.

Ke-16 titik lembaga penyalur BBM satu harga tersebut tersebar di beberapa wilayah, yakni empat titik di Papua dan Papua Barat, kemudian satu titik di Maluku Utara, lima titik di Kalimantan, satu titik di Sulawesi, satu titik di Jawa Timur, dan empat titik di Kepulauan Riau.

Peresmian ini juga sekaligus menandai telah tercapai target pendirian lembaga penyalur BBM satu harga di 54 lokasi yang telah direalisaikan Pertamina tahun ini.

Sementara itu, Menteri ESDM Ignatius Jonan mengatakan sampai saat ini sudah ada 57 titik di 57 Kecamatan se Indonesia.

“Total konsumsi minyak bulan lalu untuk premium mencapai 11ribu KL, dan solar 6 ribu KL. Jadi ekstimasi kami dalam setahun dan ditambah 57 titik mencapai 20 ribu KL,” kata Ignatius Jonan.

Penulis: Andika Lay

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top