Sintang Central Kue Semprong

SINTANG – Kue semprong adalah makanan kue kering yang berasal dari Indonesia.Kue ini berbentuk selinder atau panjang seperti pipa dengan rasa yang khas dan unik. Kue semprong juga hadir dalam bentuk lain, seperti bentuk segitiga dan persegi panjang.Rasa kue ini tidak terlalu manis dan akan renyah dan gurih ketika digigit.

Kue semprong dalam bentuk persegi panjang
Asal Nama lain Kue gapit
kue berbahan dasar utama Telur, tepung beras, tepung tapioka, gula, santan, mentega, bubuk kayu manis, wijen
Kue semprong dipercayai pertama kali dibawa oleh bangsa Portugis, karena kue ini mirip dengan kue krumkake yang berasal dari Norwegia. Namun, bahan-bahan dan bentuk kue ini sudah dimodifikasi dari kue asinya.

Bentuknya ada yang silinder kecil memanjang, ada juga yang dilipat menjadi segitiga ataupun persegi panjang. Rasanya kriuk..kriuk renyah gurih, tinggal pilih mau yang manis ataupun yang asin. Sekali makan pasti ingin lagi dan lagi.

Kue semprong ini juga menjadi khas Kabupaten Sintang bahkan dalam satu RT yang terletak di Kelurahan Kapuas Kanan Hulu ini menjadi central kue semprong yang nota bene usaha turun menurun dari nebek moyangnya hingga sekarang.

Rani (25) salah satu pengusaha kue semprong mengaku dia sudah turunan ke empat meneruskan usaha memproduksi kue semprong.

“Cara pembuatanya mudah kok tidak sulit,dan saya sudah 5 tahun neruskan usaha produksi kue semprong setelah orang tua saya dan saya merupakan turunan ke empat,”ucapnya.

Dia mengaku perhari omsetnya hingga mencapai 2-3 jutaan dengan membandrol Rp.90 ribu per kgnya.

Ani (20) warga Pontianak yang sempat bertemu dengan awak media ini mengaku senang ketemu kue kesukaanya.

” Saya berkunjung ke kota Sintang ini, menemukan makanan yang sudah lama sekali tak pernah saya temukan. Yak, kue semprong namanya. Rasanya yang gurih renyah ini memang menjadi camilan favorit saya. Dulu penjaja kue semprong sering kali lewat depan rumah, tapi tidak sekarang ini.

Penjaja kue semprong sudah sangat jarang sekali, dan kalaupun ada rasanya sudah sangat berbeda. Di kota Sintang, ternyata ada centra pembuat kue semprong. Industri rumahan yang cukup berkembang pesat itu kini sudah merambah ke toko-toko yang berada di pusat kota.

Pilihan rasanya memang hanya ada dua, manis dan asin. Tapi yang menjadikannya istimewa adalah taburan wijen yang menjadikan kue yang satu ini memiliki harum yang khas. Ada juga yang sedikit diberikan aroma jahe. Wah, kalau sudah dihadapkan dengan camilan ini rasanya lidah ini tidak mau berhenti bergoyang. Kriuk..kriuk..renyah apalagi ditemani secangkir kopi ataupun teh manis yang masih mengepul hangat.

Penulis: Susianti

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top