Kesehatan

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Buah naga mulai terkenal karena manfaatnya yang sangat banyak. Buah dengan penampilan unik ini, memiliki kulit yang berwarna merah muda, dengan lapisan daun-daun yang bentuknya seperti duri-duri pada buah durian.

Buah naga memiliki beberapa jenis, dengan warna kulitnya maupun warna dagingnya yang bermacam-macam. Jenis-jenis buah naga, yaitu:

  1. Buah naga yang memiliki warna kulit merah muda dan dagingnya bewarna merah sangat terang.
  2. Buah naga berwarna kulit merah muda dan dagingnya bewarna merah tidak terlalu terang.
  3. Buah naga yang warna kulitnya bewarna merah, adapun dagingnya bewarna putih.
  4. Buah naga warna kulitnya kuning dan dagingnya bewarna putih.

    1. Untuk menjaga kesehatan tulang
    Nutrisi di dalam buah naga terdapat mineral alami berupa kalsium, zat besi dan fosfor. Manfaat nutrisi tersebut, sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Menurut laman Livestrong.com, kandungan kalsium dan besi di dalam buah naga cukup baik untuk organ tulang dan darah.

    Badan Pangan dan Pertanian Organisasi PBB menjelaskan bahwa buah naga memiliki nilai gizi yang tinggi karena kandungan kalsium di dalamnya. Buah naga juga menjadi sumber zat besi yang baik. Selain mempromosikan untuk kesehatan tulang, asupan kalsium juga diperlukan untuk menjaga fungsi otot tubuh dan menjaga transmisi saraf.

    Kandungan vitamin C yang juga tinggi pada naga buah berfungsi untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi yang lebih optimal.

 

2. Mencegah Kanker
Kanker adalah penyakit yang menjadi momok menakutkan, terutama bagi yang menerapkan pola hidup buruk. Bahkan, banyak para ahli yang menyebutkan bahwa penyakit kanker belum ditemukan obat penyembuhannya secara pasti. Untuk terhindar dari kanker, maka salah satu cara pencegahannya adalah dengan secara rutin konsumsi buah naga.

Hal itu karena di dalam buah naga terdapat senyawa antioksidan phytoalbumin yang cukup tinggi. Kedua senyawa tersebut berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas ke dalam tubuh, sehingga bisa menhambat terjadinya perkembangan sel-sel kanker di tubuh.

Kandungan yang ada di dalam buah naga juga bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Sehingga berbagai racun yang beresiko menyebabkan penyakit kanker akan dibuang.

Dilansir dari laman Caloriebee.com, bahwa buah naga bisa mengurangi risiko kanker. Warna pigmen merah di dalam buah naga kaya akan lycopene, antioksidan flavanoid, dan phytoalbumins, yang berfungsi untuk mencegah pembentukan sel kanker di dalam tubuh.

Pada jurnal American Institute for Cancer Research eNews, disebutkan bahwa kandungan likopen fitokimia yang ada di dalam daging buah naga merah berkhasiat untuk mencegah kanker prostat.

Tetapi penting untuk selalu diingat, dalam mengatasi permasalahan kanker, wajib bagi Anda untuk menjalani gaya hidup sehat.Senyawa antioksidan flavanoid di dalam buah naga mencegah penyakit peradangan seperti gout dan arthritis.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top