Kesehatan

Ini Ciri Ciri dan Tanda Kanker Payudara

Foto: Ilustrasi

Kanker payudara bukanlah penyakit yang tak dapat disembuhkan. Penyakit ini memerlukan deteksi dini yang dapat diperoleh berdasarkan ciri-ciri kanker payudara yang dialami oleh pasien. Setelah itu, barulah Anda dapat membuat keputusan mengenai penanganan yang tepat.

Ya, cegah kanker payudara atau hentikan perkembangannya sekarang juga, sebelum kebahagiaan Anda berkurang karena dampak akibatnya. Artikel ini akan membantu Anda mengetahui cara mengenali gejala-gejala kanker payudara sejak awal. Di akhir artikel Anda juga akan menemukan informasi mengenai herbal terbaik untuk kanker payudara.

Ciri-Ciri Utama Kanker Payudara

Karena deteksi sedini mungkin ciri kanker payudara sangatlah vital untuk keberhasilan pengobatan, maka Anda sebaiknya mulai dari sekarang berupaya mengenali bagaimana kondisi normal payudara terlihat dan terasa, serta mengetahui perubahan apa yang harus dilihat darinya.

Berikut adalah beberapa tanda-tanda kanker payudara yang perlu Anda cermati saat melakukan pemeriksaan di depan cermin:

Sebuah benjolan di payudara

Sebuah benjolan atau pertumbuhan di payudara adalah gejala yang paling umum dari kanker. Benjolan ini seringkali bentuknya keras dan tidak terasa sakit, meski ada juga terasa sakit. Namun tidak semua benjolan adalah ciri-ciri kanker payudara.

Ada beberapa kelainan lain pada payudara (seperti kista) yang juga dapat menimbulkan benjolan abnormal. Akan tetapi, jika Anda melihat terbentuknya benjolan aneh di payudara, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter. Bila benjolan tersebut memang bersifat kanker, akan lebih baik kalau lebih cepat didiagnosis.

Pembengkakan di atau di sekitar payudara, tulang selangka, atau ketiak

Adanya pembengkakan di payudara bisa disebabkan oleh peradangan akibat kanker di payudara, yang menandakan bahwa kanker berkembang secara agresif. Bengkak atau benjolan di sekitar tulang selangka (yang menghubungkan tulang dada dengan tulang belikat) atau ketiak bisa diakibatkan oleh kanker yang telah menyebar ke kelenjar getah bening di area tersebut.

Pembengkakan bahkan dapat terjadi sebelum Anda bisa menemukan benjolan di payudara. Jadi apabila terdapat pembengkakan yang dicurigai sebagai kanker, segeralah pastikan itu dengan periksa ke dokter.

Penebalan dan kemerahan pada kulit payudara

Jika kulit payudara Anda mulai terasa seperti kulit jeruk atau menjadi kemerahan, periksakan segera ke dokter. Seringkali tanda-tanda ini disebabkan oleh mastitis—infeksi payudara yang umum dialami ibu menyusui. Dokter mungkin akan meresepkan obat antibiotik untuk mengobati infeksi.

Jika gejala ini tidak kunjung membaik setelah seminggu, sebaiknya periksakan lagi ke dokter, sebab ini bisa jadi tanda-tanda kanker payudara agresif yang menyebabkan peradangan sehingga menimbulkan kemerahan serta penebalan di kulit.

Jenis kanker payudara yang menyebabkan gejala ini dapat terlihat sangat mirip seperti infeksi pada payudara, dan karena jenis kanker ini berkembang cepat, maka sangatlah penting untuk mendiagnosanya sesegera mungkin.

Payudara terasa panas dan gatal

Seperti penebalan kulit dan kemerahan, rasa panas serta gatal di payudara mungkin adalah gejala mastitis—atau bahkan tanda peradangan akibat kanker. Periksakan ke dokter, dan bila obat antibiotik resep dokter tidak membantu, kembalilah kunjungi dokter Anda.

Perubahan pada bentuk puting payudara

Kanker payudara kadang-kadang dapat menyebabkan perubahan pada bentuk puting Anda. Bila Anda melihat puting seperti tertarik ke dalam, atau kulitnya menebal, atau menjadi merah atau bersisik, segeralah periksakan diri ke dokter. Semua perubahan aneh pada puting ini dapat menjadi tanda-tanda kanker payudara.

Keluar cairan aneh dari dalam puting

Memang bikin khawatir kalau Anda melihat ada cairan (selain ASI) keluar dari dalam puting. Tetapi jangan panik dulu, karena seringkali hal itu ‘hanya’ disebabkan oleh cedera, infeksi, atau tumor jinak (bukan kanker). Meskipun begitu, Anda tetap perlu waspada dengan gejala ini, terutama apabila cairan yang keluar bercampur dengan darah.

Rasa nyeri di payudara

Anda perlu berhati-hati bila ada rasa sakit di payudara. Memang sebagian besar gejala-gejala kanker payudara yang masih tahap awal tidak disertai dengan nyeri payudara. Biasanya masalah nyeri di payudara hanya diakibatkan oleh siklus menstruasi—hal ini wajar terjadi.

Rasa sakit seperti ini paling umum terjadi seminggu (atau lebih) sebelum periode menstruasi dimulai, kemudian hilang setelah menstruasi dimulai. Beberapa kelainan payudara, seperti mastitis, juga bisa menyebabkan rasa sakit yang datangnya tiba-tiba. Dalam kasus ini, rasa sakit itu tidak berhubungan dengan siklus menstruasi Anda.

Bila Anda merasakan nyeri payudara yang parah atau yang tetap terasa serta bukan disebabkan oleh siklus menstruasi, Anda harus periksa ke dokter. Bisa jadi itu memang adalah gejala-gejala kanker payudara yang perlu segera ditangani.

Apabila Anda merasakan beberapa dari ketujuh ciri-ciri kanker payudara seperti diatas, itu berarti Anda perlu secepat mungkin mengetahui apa penyebab dari munculnya gejala tersebut. Bila Anda tidak mengalami gejala-gejala seperti diatas, bukan berarti Anda menganggap diri bebas kanker.

Memang Anda tidak perlu khawatir, tetapi tetaplah lakukan pemeriksaan payudara sendiri setidaknya 1 bulan sekali di rumah agar perubahan apapun yang terjadi pada payudara bisa cepat terlihat.

Ciri-Ciri Kanker Payudara Lainnnya

Selain mewaspadai 7 ciri utama kanker payudara, ada juga ciri-ciri lain yang yang perlu diperhatikan. Namun ingatlah bahwa gejala-gejala yang disebutkan berikut ini mungkin baru akan muncul setelah kanker sudah berukuran besar atau menyebar ke bagian tubuh lain.

Nyeri tulangMualKehilangan selera makanPenurunan berat badanSakit kuning—kulit dan area putih mata menjadi kekuningan serta warna urin berubah jadi kuning keruhPenumpukan cairan di sekitar paru-paru (efusi pleura)Sesak napasBatukSakit kepalaPenglihatan jadi kabur atau menjadi gandaKelemahan otot

Sumber : dhiherba

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top