Kesehatan

Persagi Sintang Bagikan Buah Gratis ke Warga

SINTANG – Tampak puluhan anggota Persagi Sintang dengan menenteng buah membagikan secara gratis kepada setiap pengendara yang lewat di kawasan Simpang Lima Tugu Adi Pura Sintang pada Minggu,(28/1).

Ketua Persagi Sintang Mariyanto menyatakan giat tersebut dalam rangka peringatan Hari Gizi Nasional ke 58 tahun 2018 ,kenapa dia memilih mengkampanyekan untuk tingkatkan konsumsi buah dan sayur dengan cara membagikan buah pisang? Karena itu yang mudah dicari dan terjangkau oleh masyarakat Sintang pada umumnya.

“Ya buah pisang dan jeruk ini kan mudah dicari dan dijangkau masyarakat serta kandungan vitamin dan mineralnya tidak kalah dengan buah yang mahal,”kata dia.

Tanggal 25 Januari di peringati sebagai Hari Gizi Nasional (HGN), peringatan HGN tahun 2018 ini mengangkat tema “ Bersama membangun gizi menuju bangsa sehat dan berprestasi.” Tema besar ini masih dipilih karena keadaan masyarakat Indonesia yang angka gizi buruknya masih tinggi.sebagai bagian dari tema besar Tema ini sejalan dengan upaya Pemerintah melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi 2015 – 2019

“Momentum peringatan hari gizi nasional ke – 58, bukan hanya untuk membangun (kepedulian), namun juga untuk melakukan aksi nyata bagi masyarakat. Sebagai bentuk dukungan terhadap peringatan HGN ini, maka Persagi Sintang melakukan aksi pembagian buah ,”ujarnya ditengah kesibukanya membagikan buah didampingi Ketua Panitia Eko Santoso.

Pembagian buah tersebut dibarengi dengan kampanye memberikan gambaran sajian sekali makan, mengkonsumsi lima kelompok pangan setiap hari atau setiap kali makan, kelima kelompok pangan tersebut adalah makanan pokok, lauk pauk, sayuran, buah-buahan dan minuman.
Kampanye pesan “ Ayo makan sayur dan buah” menjadi pilihan slogan HGN tahun ini tentunya ada maksud. menunjukkan bahwa konsumsi kelompok sayur dan olahan serta buah – buahan dan olahan penduduk masih tergolong rendah yaitu 57,1 gram perorang per hari dan 33,5 gram per orang perhari.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara umum menganjurkan konsumsi sayuran dan buah – buahan untuk hidup sehat sejumlah 400 gram perorang perhari, yang terdiri dari 250 gram sayur ( setara dengan 2 ½ porsi atau 2 ½ gelas sayur setelah dimasak dan ditiriskan ) dan 150 gram buah ( setara dengan 3 buah pisang ambon ukuran sedang atau 3 buah jeruk ukuran sedang).
Bagi orang Indonesia dianjurkan konsumsi sayuran dan buah 300 – 400 g per orang perhari bagi anak balita dan anak usia sekolah dan 400 – 600 g per orang perhari bagi remaja dan Sekitar 2/3 dari jumlah anjuran konsumsi sayuran dan buah-buahan tersebut adalah porsi sayur.
Secara umum buah dan sayur merupakan sumber berbagai vitamin dan mineral dan serat pangan. Konsumsi sayur dan olahan serta buah – buahan dan olahannya yang belum memadai tentunya berpengaruh terhadap suplai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.
Vitamin dan mineral sebagai kelompok zat gizi mikro berperan sebagai sumber zat pengatur dalam tubuh.
Beberapa vitamin dan mineral berperan sebagai enzim dan koenzim dalam proses metabolisme zat gizi makro seperti karbohidrat, protein dan lemak.

Berbagai masalah gizi yang terjadi seperti kurang gizi pada kelompok balita dan ibu hamil akbat ketidakseimbangan asupan nutrisi dalam tubuh dimana salah satunya adalah kurangnya konsumsi sayur dan buah.
Sebagian vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah juga berperan sebagai antioksidan atau penangkal senyawa jahat dalam tubuh.
Oleh karena itu komsumsi sayur dan buah merupakan salah satu bagian penting dalam mewujudkan gizi seimbang.
Diharapkan melalui peringatan HGN ini dapat memberikan pemahaman serta meningkatkan pengetahuan seluruh lapisan masyarakat di dalam menerapkan pedoman gizi seimbang dimana salah satunya adalah melalui pemenuhan kebutuhan sayur dan buah setiap hari.

Penulis ; Susianti

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top