Nasional

YBS Gelar Silaturahmi Bersama Tomas,  Togam dan Todat

Pontianak – Dalam rangka untuk perayaan Imlek dan Cap Go Meh Tahun 2018 di Kota Pontianak, Yayasan Bhakti Suci menggelar Silaturahmi untuk membangun Komunikasi dan Silaturahmi bersama para Tokoh Masyarakat (Tomas) maupun Tokoh Agama (Togam) dan Tokoh Adat (Todat) di Grand Kartika Hotel, Sabtu (3/2).

Pj Gubernur Kalbar Drs Dodi Riadmadji, MM mengatakan, melalui kemitraan yang semakin harmonis, diharapkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat ditingkatkan, khususnya masyarakat yang bergabung dalam wadah organisasi kemasyarakatan.

“Organisasi kemasyarakatan adalah sebagai sarana penempaan kepemimpinan dan peningkatan keterampilan serta sarana penyalur aspirasi, khususnya bagi anggotanya,” kata Drs Dodi Riadmadji, dalam sambutan yamg dibacakan Kepala Kesbangpol Kalbar, Hatta, saat menghadiri Coffee Morning YBS dalam membangun Komunikasi dan Silaturahmi di Grand Kartika Hotel.

Dikatakannya, Yayasan Bhakti Suci adalah Yayasan yang di topang oleh 62 Yayasan Sosial di Kota Pontianak dan sekitarnya, merupakan Organisasi sosial yang bergerak dalam kontribusinya meperjuangkan persatuan antar organisasi, bersatu dengan etnis lain, menumbuhkan semangat kemanuasiaan dalam rangka mencapai visi dan misi seluruh bangsa yaitu bergandengan tangan dan bahu membahu untuk membangun bangsa indonesia yang damai dan makmur.

“Jika melihat kemasa lalu, banyak tokoh-tokoh masyarakat yang berasaskan kemanusiaan dan berjiwa sosial yang maju dan bertekad membantu pemerintah, dengan tujuan yang sama, menyatukan hati dan tekad, berjuang menyelesaikan berbagai masalah sosial untuk kesejahteraan masyarakat yang lebih baik di wilayah Kalbar khususnya,” jelasnya.

Pj Gubernur Kalbar juga meminta dengan prinsip tidak mengikut kegiatan politik praktis, dan Yayasan Bhakti Suci memfokuskan diri pada kegiatan sosial kemasyarakatan, seperti mengkoordinir Perayaan imlek dan Cap Go Meh 2569 Tahun 2018, upacara tradisi sembayang leluhur, membantu pemakaman, ikut memberikan bantuan bencana alam, membantu fakir miskin, dan menyelenggarakan pengobatan gratis.

Kepada para Pengurus Yayasan Bhakti Suci ini, Dodi Riadmadji berpesan, agar lebih meningkatkan kemampuan untuk membangun komunikasi yang luwes dan efektif dengan masyarakat maupun dengan Pemerintah. Sehingga partisipasinya dapat disinergikan dengan program dan kebijakan Pemerintah dalam melaksanakan pembangunan.

“Kita sekarang mewarisi negara ini, Negara Kesatuan Republik Indonesia yang majemuk. Adalah tugas dan kewajiban kita untuk merawat warisan itu serta membangunnya menjadi negara besar yang bermartabat,” ujarnya.

Kita sebagai warga bangsa ini mempunyai hak yang sama, dan sekaligus juga memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama. Kita semua berbagi cita-cita bersama, cita-cita untuk melihat indonesia yang maju, makmur, sejahtera dan menduduki tempat terhormat dalam peradaban umat manusia.

Pengurus DAD Kalbar Yakobus Kumis menyambut baik Coffee Morning yang digagas YBS dalam membangun Komunikasi dan Silaturrahmi.

“Kita berikan apresiasi dan penghargaan kepada YBS laksanakan acara ini,” ucap Yakobus Kumis.

Sementara itu, Ketua Pemuda Melayu Kalbar Firman Muntaco juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada YBS atas gagasan menggelar acara Coffee morning dengan mengumpulkan para Tomas, Togam dan Todat.

“Acara ini sangat luar biasa. Kita dikumpulkan bersama dalam ikatan persaudaraan,” kata Firman Muntaco.

Sultan Kesultanan Istana Kadariyah Pontianak Sultan Syarif Machmud Melvin Alkadrie memberikan apresiasi dan dukungan atas pelaksanaan Imlek dan Cap Go Meh di Kota Pontianak.

“Mari kita dukung Cap Go Meh di Kota Pontianak yang dilaksanakan oleh YBS. Kita sukseskan perayaan Cap Go Meh dengan menjaga kedamaian dan ketertiban Kota Pontianak,” ajak Sultan Syarif Machmud Melvin Alkadrie.

Sultan Pontianak juga meminta dan mengajak kepada semua elemen masyarakat Kota Pontianak untuk tetap menjaga harmonis antar etnis yang sudah terbangun sejak lama.

Kadis Kominfo Kota Pontianak Uray Indra Mulya juga mengajak masyarakat Kota Pontianak untuk terus membangun kebersamaan dalam rajut persatuan.

“Kita sangat mendukung pelaksanaan perayaan Cap Goh Meh di Kota Pontianak,” kata Uray Indra.

Kadis Kominfo Kota Pontianak juga meminta kepada Panitia Cap Go Meh Kota Pontianak untuk dapat mensosialisaikan rute-rute Pagelaran Naga kepada Masyarakat Kota Pontianak.

Asintel Kasdam XII/Tpr Kolonel Inf Hendri Sembiring mengatakan, TNI siap membantu Polri untuk pengamanan perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Kalbar, khususnya Kota Pontianak agar perayaan Imlek dan Cap Go Meh berjalan aman, lancar dan tertib.

“TNI siap membantu Polri mengamankan perayaan imlek dan Cap Go Meh di Kota Pontianak,” kata Kolonel Inf Hendri Sembiring.

Penulis ; Andika.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top