Nasional

Hadir HPN 2018 di Padang, ini harapan PJ Gubernur Kalbar

Pontianak - Penjabat Gubernur Kalbar Dody Riadmadji menghadiri Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat menyampaikan ucapan selamat hari pers nasional 2018 kepada seluruh insan pers nasional.

"Melalui hari pers ini mari kita bersama-sama untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara," kata Dody Riadmadji, Jumat (9/2).

Penjabat Gubernur Kallbar mengatakan pers mampu tumbuh dan berkembang dengan sehat lantaran sangat berperan dalam pembangunan karakter bangsa.

Perayaan Hari Pers Nasional 2018 di pusatkan di pantai Cimpago, Padang, Sumatera Barat dan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo, di dampingi Menkominfo Rudiantara, Ketua PWI Pusat Margiono, Gubernur Sumbar, di tandai dengan pemukulan bedug.

Presiden RI Joko Widodo mengatakan meskipun banyak kalangan yang sering menyampaikan media mainstream, bahwa media massa akan terus digeser oleh media-media sosial, oleh media-media baru, Presiden RI (Jokowi) percaya, percaya bahwa di era lompatan-lompatan kemajuan teknologi informasi sekarang ini, di era melimpahnya informasi dan melimpahnya miss informasi, justru pers makin diperlukan.

Pers makin diperlukan untuk menjadi pilar penegak penyampaian kebenaran, pers makin diperlukan sebagai pilar penegak fakta-fakta, pers makin diperlukan sebagai pilar penegak aspirasi-aspirasi yang ada di masyarakat,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Kepala Negara, pers makin diperlukan untuk turut membangun narasi kebudayaan baru, membangun narasi peradaban baru, memotret masyarakat yang bergerak semakin cepat, semakin efisien yang sekarang melahirkan era revolusi industri 4.0 (four point zero) yang berbasis pada  digitalisasi.

Kekuatan komputasi dan analitik data, lanjut Kepala Negara, menghasilkan banyak inovasi yang harus segera diketahui, yang harus segera dipahami jika kita tidak ingin ditinggalkan.

“Sekali lagi, pers diperlukan untuk turut membangun narasi kebudayaan baru, membangun narasi peradaban baru,” tutur Presiden Jokowi.

Pada Perayaan HPN 2018 di Padang sendiri mengakangkat tema " Meminang Keindahan di Padang Kesejahteraan", acara HPN Sumbar 2018 diisi dengan konvensi dan seminar paralel mengenai perkembangan media massa sehari sebelum acara puncak. Termasuk di dalamnya pertemuan akbar Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) dan bakti sosial.

HPN merupakan kegiatan tahunan diselenggarakan masyarakat pers nasional yang terdiri atas Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

Penulis : Andika

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top