Ini Resep Membuat Es Lidah Buaya

Penjual Es Lidah Buaya di Jalan Budi Utomo Pontianak Utara Kalimantan Barat ( Foto: Ngadri/Delikkalbar.com)

PONTIANAK – Lidah buaya tidak hanya terkenal sebagai tanaman dengan segudang khasiat. Daunnya yang ‘berdaging’ ternyata juga bisa diolah dan disantap jadi minuman menyegarkan. Anda bisa pilih daun berukuran besar, biasanya hingga sebesar ukuran lengan, agar didapatkan banyak ‘daging’ untuk isian minuman ini.

Salah satu penjual kuliner es lidah buaya di Jalan Budi Utomo Pontianak Utara Kalimantan Barat Amsiati , kepada media ini Rabu, (21/3/2018) membagikan resep cara membuat es lidah buaya yang nikmat dan maknyus.

Menurut Asmisiati untuk membuat es lidah buaya siapkan bahan dasar nya yakni aloevera. Selanjutnya terlebih dahulu dibersihkan dengan cara dicuci, dan di rebus setengah jam kemudian direndam dengan air putih setelah itu air rendaman lidah buaya direbus lagi dengan gula, untuk menambah agar minuman lidah buaya lebih enak bisa ditambah es agar segar ,”ujarnya.

Untuk mendapatkan bahan dasar untuk membuat es lidah buaya aloevera bisa dibeli diperkebunan wilayah Siantan tempatnya dekat dari sini.

Bahan-bahan

Lidah buaya – 500 gramGaram – 1 sdtKapur sirih – 1 sdmDaun pandan – 4 lembarGula pasir – 100 gramLemon, peras airnya – 1 buahBiji selasih, rendam air panas – 1 sdtSirup melon – secukupnyaAir matang – secukupnyaEs batu – secukupnya

Langkah

Kupas kulit lidah buaya lalu potong-potong dagingnya jadi bentuk dadu. Cuci bersih dan tiriskan.Dalam wadah, campur air dengan garam dan kapur sirih. Aduk rata. Rendam potongan lidah buaya selama 1 jam. Bilas lidah buaya hingga lendirnya hilang. Tiriskan.Dalam panci, didihkan air bersama gula, daun pandan, dan air perasan lemon.Masukkan lidah buaya dan aduk rata. Masak selama 5 menit dengan api sedang. Angkat dan tiriskan. Sisihkan air rebusannya.Dalam gelas saji, taruh lidah buaya, selasih, dan es batu. Beri sirup secukupnya dan tuang air rebusan.Siap disajikan”pungkasnya.

(Dri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top