Hiburan

7 Cara Merapatkan Vagina Setelah Melahirkan

Foto : Ilustrasi

Setelah melahirkan, para ibu biasanya merasa tidak seksi dan kurang bergairah karena vagina longgar. Agar vagina kembali rapat, lakukan cara-cara berikut.

Salah satu keluhan para ibu yang baru melahirkan tentang seks adalah “vagina terasa terlalu longgar” dan akibatnya suami-istri “tidak merasakan apa pun saat berhubungan intim”. Bagaimana cara mengatasinya? Simak 7 cara merapatkan miss V ini.

jika Anda mengalami persalinan normal (vaginal birth), wajar jika vagina Anda menjadi lebih longgar dari sebelumnya. Mengapa demikian? Saat proses persalinan, otot panggul serta otot vagina merenggang sehingga vagina menjadi longgar.

“Setelah melahirkan, bentuk otot di vagina menjadi berubah sehingga mengurangi sensasi gesekan yang menyenangkan saat berhubungan seksual – yang dapat memengaruhi gairah bercinta.”

Hal ini tentu saja mengurangi kepercayaan diri para ibu baru yang membuat mereka merasa kurang seksi dan gagal mendapatkan kepuasan di ranjang.

Faktor yang memengaruhi vagina longgar

Ketika proses persalinan normal (vaginal birth) terjadi, jumlah peregangan otot-otot vagina dipengaruhi oleh faktor berikut ini:

Ukuran bayiGenetisApakah Bunda melatih dasar panggul selama kehamilan untuk membentuk otot-otot sebagai persiapan menghadapi persalinan?Berapa lama Bunda mendorong/mengejan selama persalinan dan apakah menggunakan alat bantu berupa forceps maupun vakuum?Sudah berapa kali Bunda melahirkan sebelumnya? Karena setiap proses persalinan cenderung meregangkan otot Anda dan membuat vagina longgar

Kabar baiknya? Vagina tak hanya memiliki kemampuan untuk berkembang tapi juga kapasitas untuk berkontraksi.

Cara merapatkan vagina setelah melahirkan

Inilah 7 cara untuk merapatkan kembali vagina longgar pasca melahirkan yang bisa membantu Bunda kembali merasa seksi dan bergairah di ranjang.

1. Kegel

Cara merapatkan miss V terbaik untuk membentuk otot dasar panggul Bunda adalah dengan melakukan latihan Kegel. Waktu paling tepat memulai latihan ini adalah selama kehamilan sehingga otot-otot menjadi lebih cepat pulih pasca persalinan.

Mengencangkan otot panggul seperti Bunda sedang menahan pipis. Asyiknya, Kegel ini bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun Bunda ingin melakukannya.

Mulailah dengan menahan otot selama 4 – 5 detik. Bila Bunda sudah terbiasa, usahakan untuk menambah waktu menahan otot hingga 10 detik, kemudian lepaskan selama 10 detik sebelum mulai lagi.

Cobalah melakukan Kegel sebanyak tiga set per hari. Untuk hasil terbaik, Bunda disarankan melakukan Kegel selama 5 menit sebanyak tiga kali sehari selama hamil dan pasca melahirkan.

2. Latihan menaikkan kaki

Latihan sederhana ini adalah cara yang bagus untuk merapatkan vagina longgar secara alami. Untuk melakukannya, berbaringlah telentang di lantai dan angkat kaki ke atas satu per satu.

Pastikan posisi kaki tetap lurus saat mengangkat maupun menurunkannya. Variasikan teknik ini dengan mengangkat kedua kaki ke samping.

Untuk hasil terbaik, lakukan latihan ini selama sepuluh menit dan ulangi setidaknya lima kali sehari.

3. Orgasme

Tahukah Bunda bahwa selama orgasme, otot dasar panggul dilatih untuk berkontraksi dan dilepaskan? Jadi, semakin sering Bunda orgasme, semakin kuat otot dasar panggul Anda.

Dan semakin kuat otot dasar panggul Anda, semakin baik pula kemampuan Bunda dalam mencapai orgasme. Sesimpel itu

4. Vaginal cones

Pernahkah Bunda mendengar vaginal cones? Ini adalah alat berbentuk kerucut yang terlihat seperti tampon biasa, namun memiliki bobot atau pemberat yang melekat padanya (bobot atau pemberat ini biasanya dapat dimasukkan ke dalam kerucut).

Bunda bisa memulainya dengan memasukkan kerucut paling ringan ke dalam vagina Anda dan cobalah menahannya dengan menggunakan otot Anda.

Ulangi dua kali sehari selama 15 menit. Kemudian secara bertahap tingkatkan beban bila Bunda sudah merasa bisa menahannya.

Jangan lupa cuci vaginal cone dengan sabun dan air hangat setiap selesai digunakan.

5. Bola Ben Wa atau jiggle balls

Bola Ben Wa atau jiggle balls adalah bola seukuran kelereng yang bisa digunakan untuk memperkuat otot dasar panggul dan merapatkan vagina longgar. Bunda mungkin membutuhkan pelumas atau lubricant agar bola dapat meluncur masuk.

Tahan bola dalam vagina dengan menegangkan otot kaki Anda bersamaan dengan melakukan latihan Kegel. Cobalah mulai dengan 15 menit kemudian tingkatkan waktunya.

6. Yoga

Yoga dan pilates juga menawarkan manfaat mengencangkan vagina longgar setelah melahirkan. Pose yoga seperti Child’s Pose, Bridge Pose, dsb rupanya direkomendasikan untuk tujuan tersebut.

Namun, yoga yang dilakukan secara tidak tepat dapat menyebabkan masalah fisik. Jadi, selalu berkonsultasi dulu dengan guru yoga bersertifikat sebelum mencoba latihan tersebut.

7. Diet

Bunda pasti sudah sering mendengar kalimat: “You are what you eat”. Kalimat ini juga berlaku bagi vagina Anda!

Mengonsumsi makanan tinggi estrogen alami seperti fenugreek, biji wijen, delima, kedelai (dan juga olahannya), ubi, wortel, gandum, dan apel dapat mengencangkan vagina longgar pasca melahirkan.

Penting juga untuk memiliki banyak karbohidrat yang berasal dari gandum utuh organik, sayur dan buah-buahan segar organik, dan juga protein hewani.

Buang jauh-jauh rasa kurang pede yang Bunda alami pasca melahirkan. Kejutkan suami dengan menerapkan cara mengencangkan vagina seperti kegel, yoga, dan makan makanan yang mengandung estrogen alami.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top