Kesehatan

Sakit Maag, Jangan Konsumsi Makanan Ini

Sakit maag dapat kambuh tiba-tiba dan bisa memburuk dari waktu ke waktu. Adakalanya penderitanya harus mengikuti pantangan sakit maag artinya memilah jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan.

Sakit maag adalah penyakit pada lambung yang diakibatkan oleh peradangan selaput lambung. Penyebab maag cukup beragam, namun biasanya berkisar dari infeksi bakteri, alkoholisme, luka traumatis, dan penggunaan obat pereda rasa sakit yang berlebihan. Jika tidak diobati, maag dapat memicu timbulnya bisul di lambung dan bahkan kanker lambung.

Selain dari mengobati maag, Anda juga mesti mengubah pola makan dan gaya hidup sedemikian rupa supaya mengurangi peradangan dan meringankan ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Berikut adalah panduan pantangan sakit maag yang bisa Anda ikuti.

Makanan yang banyak mengandung lemak dapat meningkatkan peradangan pada selaput lambung. Maka hindarilah makanan yang digoreng kering semacam onion ring, ayam goreng tepung, dan seafood goreng tepung. Telur goreng, kentang goreng, keripik kentang, dan kue-kue yang digoreng juga harus dihindari.

Hilangkan makanan yang mengandung asam lemak trans dari menu makan Anda. Selain sanggup melukai selaput lambung yang sensitif, makanan ini juga mampu meningkatkan tekanan darah tinggi serta menyebabkan obesitas dan penyakit jantung. Asam lemak trans biasanya terdapat dalam kue-kue, donat, dan biskuit yang dipanggang. Makanan olahan seringkali memiliki asam lemak trans yang lebih tinggi daripada makanan segar. Dan margarin merupakan sumber dari asam lemak trans berkadar tinggi.

Para dokter di University of Maryland Medical Center merekomendasikan agar pasien dengan gastritis (maag) menghindari makanan olahan yang mengandung gula (selain lemak trans). Roti putih, mie, dan pasta merupakan contoh jenis makanan olahan yang sanggup mengiritasi selaput lambung.

Makanan pedas semacam cabai rawit, mustard, dan saus sambal dapat memperburuk gejala gastritis. Bukan hanya itu, refluks atau kenaikan asam lambung yang disebabkan akibat makan pedas-pedas sanggup menjadi penyebab maag. Selaput lambung yang sudah rusak akibat sakit maag akan terus ‘memberontak’ bila terkena makanan yang sangat pedas.

Pantangan sakit maag yang selanjutnya ialah menghindari konsumsi sayuran mentah, khususnya bagi mereka yang menderita maag kronis. Makanan yang dikonsumsi harusla mudah dicerna. Sayuran yang sudah dimasak dan dipotong kecil-kecil memudahkan tubuh Anda untuk mencernanya sehingga mencegah terjadinya iritasi pada lapisan lambung.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top