SMPN 2 Sintang Ditunjuk Jadi Sekolah Rujukan

Sintang – Setelah melalui beberapa proses baik itu surve ,visitasi dan beberapa penilaian kriteria lainya akhirnya Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Sintang Kabupaten Sintang, ditunjuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai sekolah rujukan 2018 di Kabupaten Sintang.

Selain SMPN 2 Sintang juga ada 4 sekolah lainya yang diajukan ke Kemendikbud untuk menjadi sekolah rujukan di wilayah tersebut namun 3 sekolah yang dapat visitasi kemudian sesuai dengan visi misi hanya SMPN 2 Sintang yang lolos.

“Ada 5 sekolah yang diajukan menjadi sekolah rujukan yakni SMPN 2,SMPN 3 , SMPN 4 SMPN1 Tebelian, dan SMPN 2 Kelam Permai, ternya setelalah di visitasi tinggal 3 sekolah yaitu SMPN 2 Sintang, SMPN 3 Sintang, SMPN 4 Sintang. Sintang namun yang dikabulkan hanya sekolah kita SMPN 2 Sintang sebab sesuai dengan visi misi ,” kata Kepala SMPN 2 Sintang Lanton Sabtu (14/7/2018).

Sekolah rujukan merupakan pengganti dari Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Sekolah rujukan dipastikan akan mendapat bantuan setiap tahun dari pemerintah.

“Baru diterapkan tahun ini. Pemerintah akan memberikan bantuan setiap tahun kepada sekolah rujukan untuk berbagai kegiatan, baik itu sosialisasi ke stakeholder ataupun sekolah lainnya agar bisa memenuhi kategori sekolah rujukan,” papar Lanton.

Sebuah sekolah rujukan sambung Lanton berakreditasi A dengan nilai 90, memiliki keunggulan sekolah, nilai Ujian Nasional (UN) yang cukup tinggi dan sudah Standar Nasional Pendidikan (SNP).

“Sekolah kita sudah memenuhi itu semua, untuk keunggulan SMPN 2 Sintang dan sudah tiga tahun berjalan ada di bidang ekstrakulikuler dan akademis. Kita manfaatkan penunjukkan ini agar membawa citra baik Kabupaten Sintang,” katanya.

Kedepanya lanjut Lanton kaitan hal itu tenaga pendidik disekolah yang dia pimpin akan diberi Bimtek untuk digembleng agar dapat mengimplementasikan program didalam sekolah rujukan yang baru ditunjuk tahun 2018 ini.

“Setelah ini guru-guru kita akan diberi Bimtek agar dapat menjalankan isi program dari sekolah rujukan ini,”bebernya.

Selain itu diterangkan Lanton tahun ajaran 2019 ini pihaknya bakal mandiri dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mengingat ditahun ajaran 2017 pihaknya masih menginduk di SMKN 1 Sintang.

“Untuk ajaran tahun depan kami pastikan dapat melaksanakan UNBK secara mandiri ,sebelumnya menginduk di SMKN I hal ini selain tuntutan juga pertimbangan biaya operasional,”paparnya.

SMPN 2 Sintang yang terletak di Jalan MT.Haryono KM 3 Kelurahan Kapuas Kanan Hulu Sintang memiliki sekitar 30 an lokal untuk rombongan belajar dan memiliki kurang lebih ,50 tenaga pendidik.

(sus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top