Busines

Bidang Perekonomian KKU Buka Pelatihan BUMDesa

Kayong utara – Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat, Drs.Oma Zulfithansyah buka Pelatihan manajemen badan usaha milik desa se-kayong utara, di balai praja, sukadana.

Pelatihan manajemen BUMDesa ini dihadiri Kepala Desa, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kepala Seksi Kesejahteraan, Pengawas BUMDesa dan Pelaksana operasional BUMDes.

“Dalam kegiatan tersebut seluruh kepala desa menghadiri dalam bentuk pelatihan materi selama dua hari adapun tema yang diangkat adalah “Bumdes sebagai pilar ekonomi desa”

Yang mana telah diketahui sejak diberlakukannya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, pemerintah desa mendapatkan bantuan keuangan yang begitu besar dari pemerintah kabupaten dan pemerintah pusat.

“Pada satu sisi, dengan besarnya bantuan keuangan yang masuk ke desa, pemerintah desa dapat menyelenggarakan pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan memberi pembinaan kemasyarakatanya,” kata Oma dalam sambutannya.

Namun, jika desa terlena dengan hal ini, maka desa yang ada di kabupaten kayong Utara tidak akan menjadi desa yang mandiri,

Diteruskan Oma, pemkab kayong utara sangat berharap keseriusanya desa yang ada di wilayah kabupaten kayong utara, agar menjadi desa yang sejahtera, maju, dan mandiri

Oleh sebab itu, berdasarkan peraturan menteri desa pembangunan daerah tertinggal dari transmigrasi republik Indonesia, nomor 4 tahun 2015

Selain itu, Oma, sumber daya alam di desa dan sumber manusia yang mampu mengelolanya juga menjadi pertimbangan. Serta penyertaan modal dari Pemdes dalam bentuk pembiayaan dan kekayaan desa yang diserahkan untuk dikelola sebagai BUMDesa.

Sementara itu, Fahrun Najmi, Plt. Kadis Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (SP3APMD) menyebutkan, berdasarkan hasil studi pembelajaran yang pernah dilakukan oleh Pemdes se-KKU ke luar daerah.

“Untuk mewujudkan desa yang maju, mandiri dan sejahtera, diperlukan BUMDesa yang dikelola masyarakat dan Pemdes,” ujarnya.

(Win)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top