Kesehatan

Cegah Penyakit Campak, Puskesmas Manis Mata Gelar Imunisasi

KETAPANG – Untuk mencegah penyakit campak dan rubella, Puskesmas Manis Mata menggelar imunisasi secara massal bagi Balita Usia 9 bulan hingga anak-anak dan remaja usia 15 tahun.

Sebagai Launching pertama petugas puskesmas Manis Mata melakukan imunisasi memberikan vaksin Measles Rubella (MR) kepada 220 anak Sekolah Dasar Negeri 1 Manis Mata Desa Manis Mata Kecamatan Manis Mata Kabupaten Ketapang, Kamis (2/8).

Salah satu petugas puskesmas Manis Mata Fadillah dikomfirmasi, Kamis (2/8) mengatakan bahwa Penyakit campak disebabkan oleh virus RNA – virus yang materi genetiknya berupa asam nukleat yang berbentuk rantai ganda berpilin – yang termasuk famili Paromyxavirus.

Menurutnya Virus ini hanya bisa menyerang manusia dan masuk ke tubuh manusia melalui saluran napas (penyebarannya lewat udara). Virus ini mudah hinggap pada orang yang ketahanan tubuhnya sedang lemah, belum pernah terkena campak, dan belum pernah mendapatkan vaksin campak.

Sementara itu, Kabid Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit (P2) Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang Drg Basaria Rajagukguk mengatakan bahwa tujuan diberikannya imunisasi dapat memutuskan mata rantai virus Campak dan Rubella supaya tidak menular terhadap anak-anak dan masyarakat umumnya yang rentan seperti anak kecil dan ibu hamil.

“Tujuan imunisasi dengan memberikan vaksin Measles Rubella (MR) untuk memutus mata rantai menularnya penyakit yang disebabkan virus Campak dan Rubella terhadap masyarakat yang rentan seperti anak-anak dan ibu hamil juga anak remaja wanita yang akan menikah karena penyebaran virus ini akan menyebabkan kecacatan bahkan kematian”,jelas Drg Basaria Rajagukguk.

dilanjutkan, diharapkan kepada masyarakat agar berperan aktif untuk melakukan sosialisasi untuk mendapatkan imunisasi.

“Kita mengharapkan kepada masyarakat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk berperan aktif mensosialisasikan untuk mendapatkan imunisasi. Ini untuk menyehatkan kita dan sayang sekali kalau tidak di Imunisasi karena harga Vaksin ini cukup mahal juga untuk kesehatan”,ungkapnya.

(Wan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top