Nasional

Dua Titik Hotspot Terdeteksi di Sanggau

Foto: Petugas Dari TNI/Polri Saat Mengecek Lokasi Hotspot di Kecamatan Parindu.

SANGGAU – Dua titik hotspot terdeteksi di Kecamatan Parindu pada Minggu (05/08/18). Mendapati keberadaan titik hotspot tersebut, TNI-Polri setempat langsung melakukan pengcek keberadaannya. Lokasi pertama di Dusun Sedoya dan kedua di Dusun Milas. Aparat langsung melakukan pengecekan.

Saat Mendatangi lokasi, pembakaran lahan di Dusun Sedoya, Desa Hibun terpantau dengan titik koordinat N 0.2442 E 110.4440. Anggota Polsek Parindu, Bripka Dudy Pohan dan Brigpol Indra beserta Danramil Parindu, Kapten Hadi dan anggotanya langsung bergerak melakukan pendataan terhadap pemilik lahan yang membakar tersebut.

Diketahui pemilik lahan atas nama Aprianto (30) warga setempat yang membakar lahannya sekitar 1 hektar. Saat dilakukan interogasi lahan tersebut dibakar untuk bercocok tanam atau menanam padi.

Usai dari Dusun Sedoya Desa Hibun,, tim bergerak menuju lokasi kedua dengan titik koorditan N 0.1224 E 110.4022 yang berada di Dusun Milas, Desa Marita. Di sana, tim melakukan pendataan terhadap pemilik lahan atas nama Agustinus Benedi (21) yang juga warga setempat. Petugas juga memastkan bahwa api harus benar – benar padam.

Pelaku sekaligus pemilik lahan diketahui bernama Agustinus. Ia membakar lahan seluas 0,8 hektar. Saat diintrogasi, ia mengakui bahwa tujuan membakar lahan untuk bercocok tanam atau menanam padi. Pola tersebut sudah dilakukannya sejak lama.

Terkait pembakaran lahan di wilayahnya, Kapolsek Parindu melalui Bripka Dody Pohan menyampaikan kepada pemilik lahan untuk tidak mengulangi perbuatan tersebut dan menjelaskan sanksi hukum serta akibat dari kegiatan karhutla.

(Fai)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top