Hiburan

Manfaat Jus Tomat dan Jus Wortel

Foto : Ilustrasi

Mengkonsumsi jus sebelum makan bertujuan untuk mempermudah sekaligus mempercepat proses penyerapan zat gizi, nutrisi maupun vitamin yang terkandung dalam buah-buahan atau sayuran.

Jika diminum setelah makan, maka proses penyerapan dan pengedaran zat bermanfaat dalam jus akan terhambat oleh metabolisme makanan tadi.

Jus tomat yang dicampur wortelmerupakan salah satu jenis jus yang paling banyak dikonsumsi. Selain bahan pembuatnya mudah ditemukan, cara membuat jus tomat dan wortel juga sangat mudah.

Jika anda bosan meminum jus sehat yang dibuat menggunakan mesin blender, cobalah gunakan juicer atau juice extractor.

Jus yang dibuat dengan mesin juicer dan juice extractor tidak mengandung ampas , zat gizinya sangat mudah diserap oleh tubuh namun tidak mengandung serat.

Menggunakan ketiga alat tersebut untuk membuat segelas jus juga diperbolehkan. Tidak ada aturan dan batasan. Yang ada hanyalah kreativitas tanpa batas.

Baik untuk meningkatkan kesuburan

Manfaat jus tomat campur wortel dan apel adalah untuk meningkatkan kesuburan pria maupun wanita.

Jus yang dibuat dari campuran ketiga bahan ini disebut jus 3 diva dan sudah terbukti ampuh mempercepat kehamilan wanita.

Bagi pasangan suami istri yang ingin cepat diberi momongan, rajin-rajinlah minum jus tomat wortel dan apel.

Memperbaiki sistem imun

Dalam 100 g buah tomat terdapat 40 mg vitamin C. jumlah ini setara dengan vitamin C pada buah jeruk.

Meminum jus tomat yang dicampur wortel bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh, meningkatkan daya tahan badan sehingga anda tidak mudah terserang penyakit.

Merawat kesehatan mata

Tentu anda tidak asing dengan manfaat tomat dan wortel untuk mata.

Adanya fitokimia beta karotenoid berupa lutein pada jus tomat dan wortel akan menghambat degenerasi sel mata sekaligus melindungi sel mata akibat oksidasi.

Lutein disebut juga provitamin A akan diolah menjadi vitamin A jika sudah diproses oleh metabolisme tubuh.

Jika asupan vitamin A sudah tercukupi, maka fungsi mata lebih optimal, penglihatan lebih jernih, dan terhindar dari masalah rabun, katarak, mata minus bahkan mengurangi resiko kebutaan.

Vitamin A yang bersumber dari beta karoten (provitamin A) pada jus tomat mix wortel bermanfaat untuk menutrisi sel-sel kulit dan menutrisi rambut dari ujung hingga akarnya.

Rajin meminum jus tomat dan wortel di malam hari sebelum tidur akan memberikan asupan nutrisi bagi kulit.

Efeknya, kulit lebih halus, bersih, cerah, tidak kusam, lebih kenyal dan memperlambat munculnya tanda penuaan seperti kerutan maupun flek.

Berguna membantu diet menurunkan berat badan

Tomat dan wortel merupakan dua jenis bahan makanan yang rendah kalori, mengandung sejumlah serat pangan, dan kaya fitokimia bermanfaat.

Agar manfaat jus tomat dan wortel untuk diet lebih optimal dalam menurunkan berat badan, tambahkan buah jeruk atau apel pada resep jus.

Melawan kanker dan tumor mematikan

Minum jus tomat dan wortel setiap hari bermanfaat untuk melawan kanker berbahaya seperti kanker payudara, prostat, paru-paru, kulit, dan kanker usus besar.

Selain zat antioksidan yang berkhasiat anti-kanker dan anti-tumor, ada juga vitamin C dan beragam senyawa bermanfaat seperti likopen, falcarinol, dan farcarindiol.

Menurunkan kolesterol tinggi

Jus tomat campur wortel mengandung mineral kromium, kalsium pektat, dan serat larut yang terbukti berkhasiat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kolesterol adalah lemak yang diproduksi oleh organ hati. Jus tomat mengandung beragam mineral yang berguna untuk menyeimbangkan fungsi hati.

Jika fungsi hati sudah berjalan dengan baik, maka produksi lemak kolesterol bisa dikendalikan. Efeknya, kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa turun.

Mengontrol tekanan darah dan baik bagi jantung

Kombinasi mineral kalium dan beta karoten pada jus tomat campur wortel bermanfaat menyehatkan sistem sirkulasi darah, meningkatkan keteraturan denyut jantung, serta menjaga tekanan darah pada angka normal.

Kombinasi tomat dan wortel sangat bermanfaat jika diminum setiap hari baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Anda juga bisa berkreasi membuat jus sehat dari wortel dan tomat yang dicampur bahan-bahan lain sesuai selera.

Sebelum membuat jus tomat campur wortel, pastikan anda merebus buah tomat beberapa saat. Tujuannya agar jumlah zat likopen yang bersifat anti-kanker bisa bertambah sampai lima kali lipat.

Bahan-bahan :

100 g tomat75 g wortel1 sdm sirup gula atau madu sebagai pemanis1 gelas air dingin

Cara membuat jus wortel tomat :

Cuci bersih wortel dan tomat, rebus tomat sebentar.Potong-potong lalu masukkan semua bahan ke dalam blender.Blender hingga halus dan rata.Jika suka, sajikan jus dengan tambahan es batu atau es serut.
Kombinasi tomat dan wortel sangat bermanfaat jika diminum setiap hari baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top