Hukrim

Tangkap 1 Ons Sabu,Sat Narkoba Sintang Buru Pelaku Berikutnya

Sintang – Tim gabungan Sat Narkoba dan Polsek Tebelian mengungkap dua perkara Narkoba di dua lokasi berbeda. Ada empat orang yang diamankan. Satu di antaranya perempuan.

Kasat Narkoba Polres Sintang IPTU Aris Setiawan dalam press rilisnya pada Kamis,(9/8/2018) diruang kerjanya mengatakan bahwa pihaknya telah mengamankan Empat tersangka Tempat Kejadian Perkara (TKP) berbeda pada Rabu,(8/8/2018) pukul 00.05 wib.mengusadahi narkotika jenis sabu seberat 0,1 gram tersangka merupakan residivis kambuhan dengan kasus yang sama,padahal tersangka belum lama menghirup udara segar.

Pengungkapan perkara pertama di jalan Pangeran Kuning, Kelurahan Tanjung Puri, pada hari Rabu, (8/8) pagi sekira pukul 00.05 Wib. MS ditangkap lantaran diduga mengedarkan dan memiliki narkotika jenis sabu.

“Terlapor diamankan petugas saat sedang berjalan kaki. Ketika diminta untuk mengeluarkan isi sakunya, terlapor mengeluarkan sendiri dari dalam saku celana sebelah kanannya berupa 1 (satu) klip plastik transparan diduga narkotika jenis shabu, yang diakui kepemilikannya oleh terlapor,” kata Kasat Narkoba Polres Sintang, Iptu Aris Setiawan.

Tersangka dikenakan pasal 114 ayat 1 dan 112 ayat 1 UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dan saat ini pihaknya sedang melakukan periksaan dan melengkapi berkas.

Dihari yang sama pihaknya melakukan penyelidikan dilapangan dan berhasil mengamankan tiga orang tersangka didalam mobil TKP di MT.Hariyono KM 2 Kelurahan Kapuas Kanan Hulu Kecamatan Sintang Kabupaten Sintang pada Rabu,(8/8/2018) pukul 1.30 wib pagi.

“Yang pertama kita amankan RS alias J (30) alamat dusun Tunas Jaya desa Balai Agung Kecamatan Sungai Tebelian ,yang kedua SB alias Coi (32) warga Masuka , EY alias R perempuan (22) ketiganya kami amankan sekaligus kendaraan roda empat nya,”ungkapnya.

Setelah di lakukan penggeledahan didalam mobil tersebut ditemukan dalam bungkus rokok kurang lebih 0,gram kemudian dilakukan pengembangan dengan penggeledahan disaksikan oleh petugas dirumahnya dan ditemukan berat bersih 1 ons sabu ini sangat cukup banyak diakui kasat selama dirinya menjabat jadi kasat kali kedua.

“RS ini merupakan pemain lama ,dan ini kali kedua ya sejak saya jadi kasat narkoba menangani kasus sabu seberat 1 ons barang bukti tersebut turut kita amankan baik alat hisap hand phone bersama tersangkanya kita gelandang ke Mapolres Sintang,”ulasnya.

Dijelaskan kasat lagi bahwa setelah dilakukan introgasi oleh petugas ternyata mereka bertiga usai mengkonsumsi barang haram tersebut setelah mengambil barang dari Pontianak dan masih 1 ons tersebut rencananya akan diedarkan di Sintang.

“Mereka bertiga kita bawa ke Polres namun 1 diantaran SB mencoba melarikan diri karena kita tidak mau kecolongan maka kita ambil tindakan dengan melumpuhkan kakinya dan saat ini kita borgol kita beri perawatan intensif di rumah sakit Ade M.Djoen Sintang.”beber kasat.

Dari hasil introgasi yang dilakukan tim res narkoba Selanjutnya pihaknya melakukan penyelidikan, pemiriksaan untuk pengembangan asal mula barang tersebut.

“Selanjutnya kami melakukan pengembangan dari hasil introgasi,penyelidikan dan penyidikan kami akan berkoordinasi dengan pihak direktorat untuk pengembangan tersangkq pemilik yang dipontianak nanti jika ada perkembangan kami akan sampaikan kembali,”terangnya.

Tersangka diganjar dengan pasal 114 ayat 2 karena melebihi 5 gram undang undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkoba sementara tsk dan barang bukti kita sita dialkuan uji laboratorium di Pontianak.

Sementara MS yang ditemui media ini mengaku bisnis dan makai barang haram tersebut kepepet lantaran tak ada kerjaan lain.
” Saya pusing tak punya kerjaan lain maka setelah dipenjara 2 tahun 6 bulan pun terpaksa jual dan konsumsi ini lagi,sebenarnya tahu kalau barang ini dilarang ,saya jera lah tidak ingin mengulang kembali,”katanya sambil menunduk.

(sus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top