Hiburan

Agar Otak Anak Cerdas, Coba Konsumsi Makanan Ini

Perkembangan otak Anak yang sangat tergantung pada masa pertumbuhannya dari bayi, hingga masa remajanya.

Pada masa-masa seperti ini orang tua dituntut untuk dapat mengoptimalkan kemampuan otak anak.

Kita dapat memberikan nutrisi dan gizi yang mencukupi untuk sang anak, agar pertumbuhan otak anak dapat berjalan dengan baik.

Dengan perkembangan otak anak yang baik, maka akan baik juga memori otak dan keterampilan dari sang anak.

Perkembangan otak anak yang kurang baik, maka dapat menyebabkan sang anak akan kesulitan dalam menghafal sesuatu, dan juga daya pikirnya lemah.

Sehingga sejak dini kita harus dapat memantau pekembangan otak sang anak, agar dapat berkembang dengan baik.

– Ikan salmon

Ikan merupakan sumber terbaik untuk kandungan asam lemak omega 3, yang sangat baik untuk perkembangan oak anak. Para ahli sangat merekomendasikan untuk mengkonsumsi ikan salmon yang memiliki kandungan asam lemak Omega 3 yang tinggi.

Penelitian yang dilakukan para ahli, bahwa dengan mengkonsumsi salmon dapat membuat memori pkiran menjadi lebih kuat dan tajam.

Berdasarkan hasil studi di Goteborg University, Swedia, menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi ikan secara teratur akan mengalami perkembangan otak yang lebih baik.

Terutamanya pada jenis ikan berminyak, seperti ikan tuna, salmon, dan makarel, yang jenis ikan-ikan tersebut paling banyak mengandung asam lemak omega 3.

”Kalau mau pintar, sering-seringlah makan ikan.” kata dr. Maria Aberg

Menurut dr. Maria Aberg, yang merupakan salah seorang peneliti, ikan salmon memiliki peran penting untuk pertumbuhan otak pada anak-anak, bahkan kandungan yang di dalamnya juga berperan dalam memelihara fungsi otak pada orang dewasa.

Asupan lemak sehat omega 3 juga bermanfaat untuk menjaga kelenturan otak.

”Kelenturan otak terkait erat dengan kemampuan otak mengorganisasi hubungan antarsel di dalamnya. Sehingga memengaruhi tingkat inteligensi serta tingkah laku emosional dan sosial pada seseorang,” kata dr. Maria Aberg.

Ikan salmon juga mengandung yodium, kandungan ini bermanfaat untuk membantu pembentukan sel-sel saraf, memelihara kesehatan mental, menjaga suasana hati (mood) agar tetap baik.

– Sayuran berwarna

Berbagai macam saturan berwarna seperti wortel, kangkung, tomat, labu, bayam dan yang sebagainya merupakan makanan yang kaya akan antidioksidan.

Makanan tersebut dapat menjaga kesehatan dan kekuatan otak. Pada umumnya, semakin warna sayuran cerah dan segar, maka semakin banyak kandungan antidioksidannya. Selain itu masih banyak manfaat kandungan yang dimiliki oleh sayuran.

Penjelasan dari beberapa jenis sayuran yang manfaatnya untuk meningkatkan kemampuan dan kecerdaasan daya pikir, terutamanya lagi bagi anak-anak, yaitu:.

Bayam. Kandungan penting yang ada di dalam sayuran berdaun hijau ini seperti folat, vitamin E dan vitamin K. Manfaatnya untuk mencegh resiko demensia, mencegah (menurunakn resiko) berkurangnya fungsi otak karena masalah usia, melindungi otak dari stress okdidatif, kandungan flavonoid di dalam bayam berkhasiat untuk mengurangi risiko penyakit AlzheimerUbi Jalar. Ubi jalar kaya akan karbohidrat, vitamin B6, dan antioksidan yang manfaatnya untuk membantu tubuh dalam membersihkan darah dan meningkatkan kemampuan otak.Wortel.

Wortel sumber vitamin B, vitamin C, dan beta karoten, yang khasiatnya membantu tubuh untuk meningkatkan memori dan fungsi otak serta memperlambat tanda-tanda penuaan.Tomat. Tomat mengandung licopene yang khasiatnya mencegah kerusakan radikal bebas pada sel-sel tubuh, mencegah penyakit demensia dan penyakit Alzheimer.Brokoli. Brokoli kaya vitamin K yang manfaatnya untuk meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan kemampuan otak, dan memperlambat efek penuaan.Kubis Merah.

Kubis merah (kol merah) kaya akan kandungan antioksidan, yang sering disebut polifenol, manfaatnya untuk menurunkan resiko kerusakan sel, serta mencegah dan mengobati Alzheimer.Bawang Putih. Bawang putih mengandung antioksidan yang manfaatnya untuk melindungi sel-sel otak dari kerusakan, memperlancar sirkulasi darah, menurunkan kolesterol dan memperkuat sistem kardiovaskular.

Penelitian tentang manfaat bayam untuk kecerdasan otak
Sebuah studi yang diterbitkan di dalam “Experimental Neurology” pada tahun 2005, dengan penelitian menggunakan hewan. Bahwa hewan yang diobati dengan suplemen makanan bayam menunjukkan penurunan kerusakan otak.

Para peneliti percaya bahwa sifat antioksidan kuat yang ada pada bayam, dengan vitamin C dan beta-karoten mampu untuk memerangi efek neurodegenerative dari radikal bebas, serta mencegah molekul tidak stabil yang menyebabkan penyakit.

Kandungan flavonoid di dalam bayam juga membantu untuk mengurangi penumpukan plak yang terkait dengan penyakit Alzheimer. Selain itu, bayam berperan untuk melindungi otak dari degenerasi terkait usia.

Penelitian tentang manfaat ubi
Ubi mengandung vitamin B-6, karbohidrat dan antioksidan, yang bermanfaat untuk menjaga fungsi dan kesehatan otak. Sebuah studi yang diterbitkan di “Journal of American College of Nutrition” pada tahun 2009, menemukan bahwa ubi jalar, yang kaya kandungan antioksidan ampun untuk melawan radikal bebas.

Kandungan vitamin A, C dan E, protein polifenol, ampuh untuk melawan peradangan dan permasalahan umum degenerasi usia. Sehingga diet dengan ubi jalar mampu menjaga kesehatan dari permasalahan yang ditimbulkan dari efek alami penuaan.

Penelitian tentang manfaat kankung
Kangkung adalah sayuran berdaun hijau yang sarat dengan kandungan antioksidan. Berdasarkan dari penjelasan Asosiasi Alzheimer. The American Academy of Neurology menyatakan bahwa sayuran berdaun hijau menjadi salah satu makanan terbaik untuk kesehatan otak.

Antioksidan yang terjadi secara alamiahpada kangkung, dengna kandungan seperti vitamin A, C, E dan selenium, memiliki peran panting untuk kesehatan otak dan menurunkan resiko tubuh terkena Stroke.

Sumber informasi penelitian manfaat bayam. ubi, kankung: Healthyeating.Sfgate.com

– Susu dan yogurt

Susu sangat kaya akan manfaat, di dalam susu terdapat sumber protein, kalsium, vitamin D, vitamin B dan kalium. Sangat bermanfaat untuk perkembangan jaringan otak, enzim, dan neurotransmiter. Susu sangat baik dikonsumsi, terutama untuk anak-anak dan juga remaja.

Kandungan protein dan vitamin B penting dalam pertumbuhan jaringan otak dan enzim dalam tubuh. Mengonsumsi susu atau yogurt membuat perut bertahan dari lapar, hal itu karena kandungan protein dan karbohidratnya. Adapun vitamin D juga penting untuk otot dan saraf sistem dan sel-sel tubuh manusia secara keseluruhan.

Kandungan di dalam susu juga dinyatakan bermanfaat untuk memori otak, setelah sebuah studi menemukan bahwa orang-orang yang secara teratur minum susu, atau produk susu lainnya seperti yoghurt, keju dan es krim, ternyata mendapatkan hasil lebih baik dari tes kunci yang dilakukan guna mengetahui kekuatan dan kecerdasan otak mereka.

Para ilmuwan bertanya pada 972 pria dan wanita, dalam rangka survei tentang diet yang mereka lakukan, termasuk mengenai seberapa sering mereka mengkonsumsi produk susu, hingga bertanya mengenai apakah mereka menyertakan susu dalam teh dan kopi mereka.

Rata-rata peserta berusia 23 hingga 98 tahun, untuk menyelesaikan serangkaian tes yang ketat untuk memeriksa konsentrasi mereka, memori dan kemampuan belajar.

menunjukkan orang dewasa yang mengkonsumsi produk susu setidaknya 5-6 kali seminggu, (umumnya) jauh lebih baik dalam menjalani tes memori dibandingkan dengan mereka yang jarang makan atau minum susu atau produk susu.

Para peneliti menyimpulkan dari penelitian ini, menyaranakn agar memulai hari dengan susu rendah lemak atau susu bebas lemak.’

Para peneliti, dari Universitas Maine di AS, percaya nutrisi tertentu dalam produk susu, seperti magnesium, mempu  mencegah masalah kehilangan memori otak.

– Buah berry

Buah Berry diantaranya seperti BlueBerry, Ceri, Stawberry, dan Blackberry. Buah-buahan tersebut sangat baik sebagai nutrisi untuk perkembangan otak anak, dan juga meningkatkan daya ingat.

Jus yang berasal dari buah ataupun sayuran kaya akan kandungan vitamin dan mineral, mampu untuk meningkatkan fungsi kinerja otak dan memori. Seperti yang manfaatnya besar dan rasanya nikmat yaitu membuat jus blueberry (buah berry).

Buah berry kaya akan kandungan antioksidan yang mampu untuk memerangi radikal bebas penyebab terjadinya kerusakan sel dalam tubuh dan otak. Buah berry sangat populer dengan kandungan antioksidan dan anti-inflamasi di dalamnya, yang berperan sebagai polifenol, atau lebih khususnya anthocyanin.

Buah blueberry dapat meningkatkan fungsi BDNF (Brain Derived Neurotrophic Factor), merupakan sinyal kunci yang merangsang produksi sel otak baru, yang juga menghasilkan efek anti penuaan pada kulit.

Khusus pada ekstrak dari blueberry, berkhasiat untuk mengurangi dan mencegah peradangan pada otak, selain itu secara alami membantu gen yang terdapat di otak, membantu kerja otak supaya lebih efisien, serta menurunkan masalah rasa stres.

– Telur

Telur merupakan makanan yang secara umum mudah ditemukan dan juga murah harganya, tetapi memiliki manfaat kandungan yang sangat tinggi. Kuning telur memiliki kandungan kolin, yang sangat berguna dalam membantu perkembangan otak, terutama untuk anak-anak dan remaja.

Ayam dan telur dapat meningkatkan memori Anda. Diet kaya akan kandungan kolin membantu melindungi otak Anda dari efek alami penuaan. Para peneliti di Boston University menemukan bahwa orang-orang yang rajin mengkonsumsi makanan yang tinggi kolin, mengalami lebih baik pada tes memori, serta mengalami resiko lebih rendah masalah demensia.

Untuk studi terbaru, seorang peneliti senior Dr Rhoda Au menyisir melalui hasil dari survei kesehatan jantung yang sudah lama berjalan.

Hampir 1.400 orang dewasa yang berusia 36 sampai 83 menjawab kuesioner diet antara 1991 dan 1995. Kemudian, antara tahun 1998 dan 2001, mereka menjalani tes memori dan kemampuan kognitif lain.

Studi menemukan, bahwa pria dan wanita dengan asupan kolin yang baik mampu melakukan tes memori dengan lebih baik. Ini dinyatakan benar, dengan sudah mempertimbangkan faktor lainnya seperti pendidikan hingga asupan lemak dan kalori para peserta.

Dr Au mengatakan bahwa melihat efek manfaat dari mengkonsumsi kolin tidak dapat hanya dari waktu singkat. Akan tetapi, (dari temuan ini) dapat diketahui bahwa orang dengan asupan kolin yang lebih rendah, lebih beresiko terkena masalah penurunan mental (di masa depan) dibandingkan mereka yang memperoleh asupan kolin yang mencukupi bagi tubuh.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top