Regional

Lanud Supadio Pontianak Gelar Sholat Idul Adha 1439 H

Kubu Raya – Segenap warga muslim Pangkalan TNI AU Supadio dan masyarakat sekitar Lanud,sejak pukul 06.00 WIB kaum muslimin dan muslimat dari berbagai tempat memadati main Apron Lanud Supadio guna mengikuti sholat Idul Adha 1439 H, Rabu, (22/08)

Danlanud Supadio Marsma TNI Minggit Tribowo, S.IP mengatakan bahwa Idul Adha atau hari raya qurban mempunyai nilai dan makna yang sangat dalam karena umat Islam diperintah untuk menyembelih hewan qurban sebagai ibadah dan ungkapan rasa syukur terhadap nikmat yang diberikan Allah SWT.

”Dihari yang sangat mulia ini, umat islam diajak untuk merenung sejenak, bahwa tidak ada sesuatu yang abadi, agung dan istimewa dalam kehidupan ini, kecuali ketaqwaan kita sebagai umat islam kepada Allah SWT dan harta yang kita miliki, jabatan dan kekuasaan hanyalah bersifat sementara,” kata Marsma TNI Minggit Tribowo, Jumat (22/8) saat memberikan sambutan pada Sholat Idul Adha 1439 H di Main Apron Lanud Supadio.

Dikatakannya, Idul Qurban merupakan salah satu ibadah yang mempunyai makna sosial yaitu menumbuhkan rasa solidaritas dan kepedulian kepada sesama umat muslim yang berkecukupan kepada yang prasejahtera.

Sedangkan Ustadz H. Kaharudin, S.Ag mengatakan didalam hari raya Idul Adha ada dua ibadah yang utama yaitu ibadah haji dan penyembelihan hewan kurban.  Kedua ibadah tersebut mengandung hikmah yang sangat mendalam bagi umat Islam.

“Hikmah tersebut diantaranya kita umat muslim belajar untuk ikhlas.  Dari ibadah kurban yang dituntut adalah keikhlasan dan ketakwaan, itulah yang mendapat ridho Allah SWT. Selain itu dalam ibadah kurban haruslah mengikuti tuntutan Nabi Muhammad SAW agar kurban kita diterima oleh Allah SWT,” kata Ustadz H Kaharudin, dalam khotbahnya.

Setelah pelaksanaan sholat Idul Adha warga Lanud Supadio menuju ke mesjid Baitussalam untuk menyaksikan penyembelihan hewan kurban.  Menurut Ketua Panitia Hari Raya Idul Adha 1439 H Letkol Kal Hirwansyah pada tahun ini hewan kurban yang terkumpul di panitia sejumlah 7 ekor sapi dan 18 ekor kambing.  Dan akan dibagikan kepada yang berhak menerimanya.

(dika)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top