Hiburan

7 Efek Buruk Bermain Game Online di Headphone Untuk Anak-Anak

Dampak negatif ketika sedang bermain game online bagi kesehatan dan anak – anak. Jaman sekarang saya menjumpai banyak anak yang sedang bermain smartphone dan mereka sedang asik main game online. Terdapat bahaya main game bagi anak dibawah umur ketika anda memainkan sebuah game online dan offline secara berlebihan.

Mereka tidak tahu bahwa akibat sering main game di hp akan menyebabkan efek buruk bagi kesehatan kita. Lalu bagaimana cara menghindarinya? Sabar dulu sob, saya akan menjabarkan dahulu mengenai bahaya bermain game bagi anak dibawah umur.

Anak – anak renten terhadap pergaulan bebas ini, jika teman nya pegang hp dan bermain game maka anak tersebut akan mengikutinya dengan cara meminta hp android ke orang tuanya. Orang tuanya pun juga tidak mengetahui bahwa terlalu sering bermain game akan mengakibatkan dampak negatif bagi anak.

Lantas apa saja game tersebut? Anak-anak akan memainkan game yang dia rasakan adalah game nya bagus, keren dan mudah untuk dimainkan. Game tersebut bisa berupa clash of clans, clash royal, mobile legend, PUBG, ludo, pokemon go dan game buruk lainnya.

Adapun game strategi yang mereka mainkan untuk mengisi waktu luang. Namun jika anak-anak Anda sering main game maka akan membahayakan sang buah hati karena game memiliki dampak buruk ketika sedang bermain game online yang khususnya mobile legend saat ini.

Mobile legend ini sangat sering dimainkan oleh banyak kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Apalagi sebelum game online mobile legend ini di rilis, ada pula game clash of clans ( COC ) yang bergenre game strategi dan perang.

Tidak hanya game bergenre strategi dan perang, semua game memiliki dampak buruk bagi penggunanya misal, game masak, kasino, petualangan, arcade dan lain sebagainya. Game memasak? Hah? Masak sih game memasak bisa berdampak buruk bagi anak?

Iya sob, karena dari suatu game kita akan kecanduan jika memainkannya secara terus-menerus. Terlebih lagi Anda sebagai orang tua tidak mengawasi sang buah hati dalam bermain game online. Bisa-bisa mereka terlalu sering main game online di smartphone.

Efek main game terlalu lama akan menyebabkan gangguan pada saraf mata kita. Maka dari itu anda harus menghindarinya karena hp android dilengkapi dengan sinar biru. Untuk pembahasan lebih lanjut Anda harus membacanya sampai habis.

Dampak Negatif Bermain Game Terlalu Sering

Bagi anak, game adalah suatu keharusan dalam hidupnya. Setelah pulang sekolah pasti mereka langsung pegang hp untuk main game online. Oleh karena itu Anda harus selalu menjaga anak ketika mereka main hp keseringan. Lantas apa saja dampak negatif dari main game berbasis online ini?

Penglihatan Menurun

Mata adalah pancaindra yang wajib kita miliki untuk melihat suatu benda hidup atau mati. Sering main game akan mempengaruhi penglihatan mata anda, yang tadinya bisa jelas melihat dengan jarak jauh sekarang sudah tidak bisa karena mata kita sudah berangsur menurun dan penglihatan pun buram.

Bahaya main game juga akan berdampak negatif di penglihatan kita. Mata akan memburuk dalam jangka waktu panjang. Maka dari itu kalian harus menghindari kontak langsung terhadap bahaya main game ini agar tetap terjada kondisi mata kita.

Dengan menurunnya tingkat ketajaman mata ini, anak anda berarti sudah sering bermain game secara berlebihan dan tidak ingat waktu. Maka dari itu anda sebagai orang tua harus bisa menjaga sang buah hati agar tidak sering terpapar sinar biru gadget.

Kecerdasan akan berkurang.

Lah, katanya game membuat kita cerdas? Itu pandangan yang salah. Bermain Game bisa bermanfaat baik bila kalian di barengi dengan belajar yang tekun pula. Jadi mulai dari sekarang buang tuh perspektif kalian mengenai kepintaran saat main game.

Jika game bisa membuat anda senang, kenapa belajar malah jadi menurun? Seharusnya belajar sangat penting, khususnya untuk anak yang masih duduk di bangku sekolah. Main game memang asik namun porsi main nya harus diimbangi dengan belajar juga agar kecerdasan otak kita akan semakin terasah tajam.

Malas Beraktivitas

Ketika sedang asik main game maka kita sering lupa bahwa kalian tadi membawa sebuah bungkus makanan ringan untuk menemani bermain game. Nah, sampahnya pasti lupa untuk dibuang karena sibuk mamainkan game seru tersebut.

Kemalasan ini akan berdampak negatif kepada aktivitas sehari-hari, contoh simpelnya adalah malas melakukan ketika disuruh sama orang tua, malas bergerak dan kemalasan-kemalasan yang lainnya.

Tidur Larut Malam

Bermain game online memang membuat kita masuk kedalam dunia game tersebut. Dengan insting kita itu masuk di game maka akan lupa yang namanya waktu untuk tidur malam. Maka dari itu kalian pasti akan tidur larut malam hanya untuk menyelesaikan tantangan yang disediakan pada game online tersebut.

Bangun Kesiangan.

Setelah tidur larut malah, dampak buruk bermain game lainnya adalah bangun kesiangan. Bangun siang adalah hal yang paling buruk saat anak masih sekolah. Yang seharusnya dia bangun jam 6, karena dia main game larut malam maka tidak akan dapat bangun lebih awal karena mata masih terasa kantuk.

Kecanduan game online

Sudah banyak orang yang memiliki tingkat kecanduan yang tinggi. Misal anda sedang bermain game, ternyata misi pada level pertama hanyalah tantangan mudah, maka dari itu kalian akan meneruskannya sampai dengan level terakhir agar mendapatkan rekor banyak.

Menyebabkan Mag

Telat makan akan mengakibatkan dampak buruk terhadap kesehatan kita. Penyakit pada lambung atau mag akan timbul ketika kita telat makan. Jangan sampai makan kamu terganggu dengan adanya main game di android. Itu malah mengakibatkan hal fatal bagi kesehatan sang anak.

Penutup

Efek terlalu sering bermain game di android akan mengakibatkan dampak negatif bukan? Sudah dibaca semuanya kah? Itulah dampak negatif dan sangat buruk bagi anak dan kesehatan kalian. Oleh karena itu anda harus sering mengingatkan anak agar tidak sering main game dalam jangka waktu yang panjang.

Akibat anak sering main game online di hp juga berpengaruh terhadap perkembangan sang buah hati. Maka dari itu kurangilah penggunaan hp android dalam main game secara berlebihan. Sekian dari artikel kali ini mengenai bahaya, dampak buruk, negatif, efek samping dari bermain game online di smartphone bagi anak dibawah umur dan bagi kesehatan buah hati.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top