Hiburan

Catat! Resep Membuat Sotong Pangkong Khas Pontianak

Foto : Ilustrasi

Resep Sotong Pangkong Khas Pontianak Sederhana Spesial Sambal Pedas Asli Enak. makanan yang gurih, segar dan pedas sambalnya cocok untuk takjil ramadhan. Pembuatannya menggunakan cumi kering. Apakah bisa kalau cumi basah? soalnya di daerah Jogja sulit untuk mendapatkan cumi kering atau sotong kering, mungkin juga di daerah Jawa lainnya, bisa saja Anda pakai atau gunakan cuma sudah di luar kekhasan dan keunikannya sudah berbeda dan soal rasanyapun jauh berbeda.

Berbahan dasar sotong (cumi) yang dikeringkan, sotong pangkong merupakan kuliner khas Bumi Khatulistiwa yang hanya muncul saat Ramadan. Uniknya, sotong yang sudah dikeringkan ini digantung berjejer rapi memenuhi etalase para penjual. Seakan menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang yang melewati ruas jalan tersebut, di mana penjual sotong pangkong paling banyak temui. Terdengar suara pukulan bertalu-talu dari sotong yang dipangkong (dipukul). Itu merupakan cara menyajikan sotong pangkong setelah dibakar, sebelum disajikan kepada pelanggan.

“Jadi sesudah dibakar, lalu sotong dipangkong. Pangkong itu artinya dipukul-pukul supaya daging lembut dan agar tidak alot alias keras. Setelah sotong dibakar dan dipangkong (dipukul) hingga pipih, serta terlihat serat-serat dagingnya, sotong pun disajikan menggunakan piring kecil. Untuk menyantapnya, Anda bisa mencelupkannya ke sambal yang sudah disediakan penjual.

Ada dua jenis sambal yang bisa Anda pilih saat menyantap kuliner penganan ini. Yang pertama, sambal kacang dengan paduan rasa asam dan manis. Sedangkan sensasi pedas akan memanjakan lidah Anda jika sotong dicelupkan ke dalam sambal yang pedas. Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan olahan resepi sotong pangkong melayu pontianak KALBAR sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis sotong pangkong atau cumi pukul ini.

BAHAN :

5 ekor cumi sotong yang telah dikeringkan

BUMBU :

2 siung bawang merah3 buah cabai rawitKacang tanah yang telah disangrai dan digerus halusCuka sedikit.

PERALATAN :

Pemanggang dan arangPalu kayu dan alasnya untuk meletakkan sotong yang akan dipangkongGunting untuk memotong sotongPiring

CARA MEMASAK SOTONG PANGKONG :

Cumi kering atai sotong kering tadi lalu dipanggang sampe harum. Terus dipangkong (dipukul-pukul dengan palu sampe empuk). Setelah itu dipotong-potong dan masukan dalam piring.Cara Membuat Saus atau Sambalnya, haluskan semua bahan dan campur dengan cuka dan air, jangan terlalu kental.Sajikan sotong pangkong bersama saus atau sambal.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top