Hiburan

Ini Penyebab Hp Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Foto : Ilustrasi

Ponsel cerdas saat ini merupakan salah satu kebutuhan “nyaris primer” bagi kami. Mungkin banyak dari anda yang setuju dengan pernyataan kami tadi. Meski demikian seberapa anda memahami ponsel yang anda miliki? Banyak dari pengguna ponsel cerdas sebenarnya tidak terlalu memahami kondisi ponselnya dan banyak sebenarnya pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan para penggunanya mengenai ponsel yang dimilikinya.

Salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan oleh para pemilik ponsel cerdas adalah “Mengapa HP saya cepat panas?” Maka izinkanlah kami mencoba menjawab pertanyaan ini untuk anda semua.

Panas dalam perangkat-perangkat elektronik apapun sebenarnya adalah hal yang sangat wajar. Karena panas merupakan salah satu bentuk energi yang “dilepas” sebagai konsekuensi dari energi yang disalurkan oleh baterai untuk menghidupi perangkat anda, begitu pula ponsel cerdas anda.

Namun anda pun harus cerdas dalam mengenali gejala-gejala penyakit yang ada terkait panas pada ponsel anda. Bisa jadi panas yang kadang berlebihan adalah gejala-gejala adanya kerusakan di ponsel anda.

Sebelum kami berbagai kepada anda mengenai bermacam penyebab HP cepat panas, kami mencoba memberikan sedikit trik untuk mengenali penyebab HP cepat panas berdasarkan lokasi panas di HP anda.

Jika HP panas di bagian belakang, anda patut mencurigai baterai sebagai salah satu penyebabnya. Terutama jika panas yang muncul terasa di seluruh bagian belakang HP anda. Jika anda cukup yakin baterai merupakan salah satu penyebabnya, solusi yang bisa anda lakukan cukup mengganti baterai HP yang anda punya.

Jika HP cepat panas di bagian bawah, maka bisa jadi panas yang timbul berhubungan dengan charger yang anda miliki. Solusinya, sebagaimana yang telah kami jelaskan di atas cukup ganti charger yang anda punya. Jika benar-benar hal tersebut merupakan sumber masalahnya, dipastikan ketika anda mengganti charger yang anda punya, HP anda tidak akan menjadi panas.

Sementara jika anda memiliki kesulitan dalam melokalisir panas dari HP yang anda miliki, ada kemungkinan bagian dalam dari HP andalah yang menjadi penyebab dari overheat tersebut. Masalah ini pun biasanya akan semakin terasa saat anda menelpon, atau saat menggenggam HP anda. Bisa jadi saat menelpon anda akan merasakan HP anda jauh lebih panas di kuping anda daripada biasanya. Atau ketika anda menggenggam HP anda, anda akan merasa HP anda lebih panas dari biasanya.

Nah jika sudah bisa memperkirakan penyebab masalahnya silahkan anda melanjutkan membaca ke bawah.

Tren yang sedang berkembang saat ini terkait ponsel adalah banyaknya casing-casing yang bagi kami pun tampak keren dan elegan jika dipasangkan kepada ponsel cerdas yang kami miliki.

Permasalahannya adalah kita seringkali lupa bahwa kadang casing-casing yang diciptakan itu secara tidak sadar bekerja sebagai “jaket penghangat” bagi ponsel cerdas kita. Maka jika mendadak HP anda menjadi cepat panas, anda bisa dengan mudah melepas casing ponsel anda sementara waktu hingga HP anda kembali dingin.

Selanjutnya, masih ingat dengan konduksi, konveksi, dan radiasi? Bagi anda yang ketika sekolah pernah belajar fisika tentu harusnya mengingat hal ini. Nah ketiga hal tersebut merupakan proses perpindahan panas yang mungkin terjadi pada suatu benda, begitu pula dengan HP anda.

Meletakkan HP di dalam kantung baju yang berdekatan dengan tubuh, apalagi dalam kondisi cuaca yang panas, merupakan salah satu penyebab semakin panasnya HP anda. Solusinya sederhana, cukup jauhkan HP anda dari tubuh anda, misalnya taruh HP anda di ruangan yang bebas serta hindarkan dari pancaran sinar matahari yang juga dapat memindahkan panasnya kepada HP anda.

Kondisi lain yang sering membuat HP anda terlalu panas adalah ketika anda melakukan charging baterai HP anda. Permasalahan yang dapat menyebabkan hal ini bisa diduga berasal dari baterai atau dari charger yang anda miliki.

Solusi mudahnya ketika ponsel anda terasa panas mendadak saat dilakukan chargingadalah coba lakukan charging dengan chargerlain untuk mengetahui masalah pada chargeratau perhatikan baterai HP anda. Biasanya akan ditemukan baterai yang menggembung jika ada kerusakan pada baterai.

Selain itu jika melakukan charging lakukanlah di ruangan yang relative dingin, ventilasi cukup, dan hindari mencoloknya sepanjang malam.

Hal lain yang seringkali membuat HP cepat panas adalah justru hal-hal mendasar yang sering dilakukan oleh para pengguna ponsel pintar.

Beberapa masalah yang sering kami temui misalnya terlalu lama tersambung dengan speaker Bluetooth, brightness layar terlalu tinggi, terlalu lama terkoneksi dengan WiFi, terlalu lama mengambil video, pengaturan kamera intensitas tinggi, atau anda terlalu lama bermain games. Karena menurut kami di masa-masa sekarang nyaris tidak ada ponsel cerdas yang akan mengalami overheat jika anda menggunakan dalam batas waktu yang normal.

Ponsel, tidak seperti kulit manusia tidak memiliki kelenjar keringat yang dapat mengatur suhu tubuhnya.

Ketika anda memcau prosesor ponsel anda secara berlebihan yang berakibat pada lambatnya kinerja prosesor, baterai secara otomatis akan mengompensasi ini dengan cara mengeluarkan energi lebih banyak dari kondisi normal. Konsekuensinya adalah panas yang dihasilkan semakin banyak, dan tidak dapat dibuang dengan mudah karena tidak adanya “kelenjar keringat” pada ponsel anda.

Ada beberapa kondisi yang dapat memacu ponsel anda secara berlebihan sehingga HP cepat panas. Beberapa kondisi tersebut diantaranya adalah battery draining apps atau fungsi-fungsi tertentu yang kadang tidak anda perlukan namun teraktivasi secara bersamaan.

Selain itu anda bisa melakukan pemeriksaan berkala terhadap instalasi-instalasi aplikasi tertentu yang tidak anda sadari sehingga membuat HP cepat panas dan menjadi lambat.

Virus, atau mungkin yang paling sering menyerang ponsel adalah malware, merupakan salah satu permasalahan yang penting namun seringkali tidak disdari oleh penggunanya.

Malware umumnya tidak akan menyerang “kesehatan” ponsel anda secara intens, namun biasanya mereka menyedot data anda secara terus menerus. Solusinya anda bisa mengunduh berbagai macam antivirus yang tersedia seperti 360 security, Avira Mobile Security, ataupun avast! Mobile Security.

Meskipun penyebab yang akan kami jelaskan setelah ini jarang terjadi, namun tetap ada kemungkinan hal ini dialami pula oleh HP anda. Beberapa penyebab itu misalnya kerusakan akibat air.

Anda cukup mengingat-ingat, pernahkah anda mendengarkan musik menggunakan HP di kamar mandi anda? Ataukah pernahkah anda berlama-lama meletakkan HP anda di kantung hingga anda berkeringat? Atau apakah pernah anda menumpahkan air ke HP anda?

Jika anda cukup yakin anda bisa mengecek liquid damage indicator yang kebanyakan tersedia di HP masa kini.

Masalah terakhir ini mungkin tidak semua dari anda mengerti, yakni overclocking. Kebanyakan orang-orang yang berani melakukan ini kami yakin tidak akan mencari tahu artikel ini, karena pasti memiliki ilmu di bidang IT yang setidaknya sedikit di atas orang awam. Namun tidak ada salahnya kami berbagi hal ini dengan anda.

Overclocking pada HP sama seperti komputer, yakni memanipulasi piranti HP anda sehingga HP anda dapat dipacu lebih cepat. Sederhananya karena anda “memaksa” HP anda bekerja keras, sudah tentu hal ini akan membuat HP cepat panas.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top