Kesehatan

81.713 Anak di Sanggau Sudah di Vaksin MR

Foto: Sarimin Sitepu

SANGGAU – Dalam rangka mewujudkan generasi bangsa yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit khususnya campak dan rubella, Kementriam Kesehatan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau terus menggencarkan pemberian Vaksin Measles dan Rubella (MR). Di Kabupaten Sanggau anak yang sudah disuntik MR sampai tanggal 12 September 2018 sebanyak 81.713 anak atau 66,94 persen dari sasaran Kabupaten Sanggau sebanyak 122.070 anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun.

“Itu data terakhir kita sampai tanggal 12 September 2018. Pemberian vaksin ini terus kita lakukan hingga akhir September 2018,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sanggau, Sarimin Sitepu kepada wartawan, Kamis (13/8/2018).

Sarimin menjelaskan, Vaksin MR adalah kombinasi vaksin Campak/Measles (M) dan Rubella (R) untuk perlindungan terhadap kedua penyakit tersebut. Campak dan rubella merupakan jenis penyakit yang tidak dapat diobati (virus penyebab penyakit tidak dapat dibunuh), maka Imunisasi MR ini adalah pencegahan terbaik bagi keduanya.

Kegiatan Imunisasi MR, lanjut dia, merupakan program pemerintah melalui Kementrian Kesehatan yang harus disukseskan. Hal tersebut tentunya dalam rangka mewujudkan generasi bangsa yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit khususnya campak dan rubella.
“Seperti yang kita tahu, campak dan rubella merupakan penyakit infeksi menular yang berisiko tinggi. Kedua penyakit tersebut ditularkan kepada seseorang yang belum pernah mengalami penyakit campak dan rubella. Selain itu juga dapat menyerang seseorang yang belum pernah mendapatkan vaksin campak dan rubella sebelumnya,” pungkas dia.

Loading...

(indra)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top