Kuliner

Resep Memasak Ikan Mas Agar Empuk dan Lezat

 

Resep masakan yang akan kita sajikan pada kesempatan kali ini adalah Resep Pepes Ikan Mas Tulang Lunak Presto Khas Sunda. Pepes Ikan Mas adalah salah satu resep masakan khas Sunda yang merupakan salah satu menu wajib pada setiap rumah makan atau restoran khas Sunda. Ikan Mas memang banyak dibudidaya oleh masyarakat Indonesia dan memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Rasanya sangat lezat dan gurih. Cara memasak ikan mas bisa bervariatif mulai dengan cara di goreng seperti resep ikan mas goreng pedas bumbu acar yang telah kami sajikan sebelumnya atau bisa juga dengan cara di bakar atau di pepes seperti yang akan kita pelajari pada kesempatan kali ini.

Salah satu kekurangan ikan mas adalah dagingnya yang sedikit lembek, tipis dengan duri atau tulang yang banyak sekali. Karena itulah pilihan paling sederhana memasak ikan masa adalah dengan cara digoreng. Nah dengan ditemukannya teknologi presto sekarang ikan mas cocok juga di pepes dan dibuat jadi tulang lunak atau presto. Jadi bukan hanya ikan bandeng saja yang bisa dipresto, ikan mas juga bisa. Bumbunya kita gunakan seperti yang biasa kita temukan pada pepes ikan mas khas sunda maka jadilah Resep Pepes Ikan Mas Tulang Lunak Presto Khas Sunda.

Bahan dan bumbu :

1 kg ikan mas2 buah jeruk nipisgaram secukupnya1 ikat daun kemangi, petik daunnya10 buah cabai rawit merah utuh4 lembar daun salam2 liter air2 sdm minyak sayurDaun pisang secukupnya, bersihkan dengan kain lap lalu geser perlahan di atas api hingga layu

Diiris :

3 buah cabai merah besar6 ruas jahe3 ruas kunyit10 butir bawang merah10 siung bawang putih2 batang daun bawang2 batang serai2 ruas lengkuas

Haluskan lalu pisahkan menjadi 2 bagian :

1 sdm ketumbar10 buah kemiri1 sdt gula merah1 sdt terasi½ sdt pala4 butir bawang merah2 siung bawang putih1 sdm minyak sayur1 sdt garam (secukupnya)1 sdt penyedap sasa

Ikan dibersihkan isi perut, insang dan sisiknya. Cuci bersih ikan dan tiriskan, taburi dengan garam serta perasan air jeruk nipis secukupnya lalu diamkan sejenak.Campur sebagian bumbu halus dengan bumbu iris. Siapkan potongan daun pisang, lumuri ikan dengan sebagian lagi bumbu halus secara merata hingga ke dalam perut lalu letakkan di atas daun.

Taburkan dengan campuran bumbu iris dan halus tersebut, masukkan juga sedikit ke dalam perut ikan lalu tambahkan daun salam, cabai rawit merah dan daun kemangi. Bungkus daun pisang dengan rapih lalu sematkan dengan lidi.Siapkan panci presto dengan diisi 2 liter air dan 2 sdm minyak sayur. Masukkan bungkusan ikan, tutup rapat lalu masak hingga 1 jam dan matang.Angkat dan pepes ikan mas tulang lunak presto khas Sunda ini siap untuk disajikan.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top