Hiburan

Mengkonsumsi Ikan Lele Mengurangi Resiko Kanker

Foto : Ilustrasi

Ikan lele bagi sebagian orang dianggap sebagai ikan yang jorok. Tapi, sebaiknya jangan buru-buru untuk menghindari mengonsumsinya. Sebab, setiap 100 gram ikan lele mengandung energi sebesar 229 kilokalori, 18 gram protein, 8 gram karbohidrat, 0,7 gram serat, dan 13 gram lemak. Ikan lele juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B kompleks, serta kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium,zinc dan vitamin D.

Berikut ini manfaat mengkonsumsi ikan lele untuk kesehatan tubuh.

Mengurangi risiko kanker
Asam lemak omega-3 pada ikan dapat mengurangi risiko berbagai macam jenis penyakit kanker sebanyak 30-50 persen, terutama kanker rongga mulut, kerongkongan, usus besar, payudara, dan prostat.

Mengurangi peradangan rheumatoid arthritis
Kandungan asam amino 6 pada ikan lele dapat membantu meringankan gejala rheumatoid arthritis atau peradangan sendi.

Mengurangi tekanan darah
Para peneliti telah menemukan manfaat lain asam lemak omega-3 yang terkandung pada ikan yaitu untuk menurunkan tekanan darah. Nah, baik juga kan buat kamu yang memeiliki keluhan darah tinggi.

Menurunkan risiko depresi
Orang yang mengonsumsi ikan secara teratur memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk mengalami depresi. Hal ini karena depresi telah dikaitkan dengan rendahnya tingkat asam lemak omega-3 di otak.

Menjaga kesehatan gigi dan gusi
Fosfor yang terdapat pada ikan lele yang mencapai hingga 167 mg/100 gram terbukti lebih tinggi daripada telur yang hanya mempunyai kandungan 100 mg. Fosfor bermanfaat untuk memberi energi dalam metabolisme lemak dan pati, oleh karena itu hal tersebut mampu menunjang kesehatan gusi dan gigi, membantu sistesis DNA.

(Rah)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top