Hukrim

Kapolda Kalbar Melakukan Pemasangan Tiang Pembangunan Mapolresta Pontianak

PONTIANAK – Kapolda Kalbar, Irjen Pol Drs Didi Haryono SH MH yang di damping Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Sri Handayani,Kapolresta Pontianak Kota Kombes Pol Wawan Kristyanto Plt Walikota Pontianak H, Edi Rusdi Kamtono dan Undangan yang hadir,melakukan acara tepung tawar pemancangan tiang pertama di lokasi proyek pembangunan gedung Polresta Pontianak Kota Polda Kalbar di Jl. Johan Idrus No.1 Pontianak Selatan.Rabu (10/10/2018).

Gedung baru Polresta Pontianak Kota akan dibangun setinggi 3 lantai di lahan seluas 2.016 m2 persegi dengan luas bangunan 14×48 m persegi. Pembangunan ini akan menghabiskan dana sebesar Rp 4.419.634.000 Milliar. Pembangunan menggunakan dana hibah anggaran APBD Pemerintah Kota Pontianak.

“Bangunan ini merupakan bantuan hibah dari Pemerintah Kota Pontianak, konstuksi dijadikan dua tahap: terdiri dari tahun anggaran 2018 sebesar Rp 4.419.634.000,- untuk tahap I, tahun anggaran 2019 diperkirakan sebesar 4 milyar,- untuk tahap II yang sampai saat ini masih dalam tahap proses lelang oleh Pemerintah Kota Pontianak” ujar Irjen Pol Drs Didi Haryono saat pemancangan tiang pertama gedung Mapolresta Pontianak Kota.

Pemerintah Kota Pontianak melalui Dinas Cipta Karya mempercayakan pengerjaan proyek ini kepada PT. Sinar Jaya Pelita. Dalam kesempatan tersebut, projek manajer PT Sinar Cahaya Pelita, H. Endang memastikan proyek akan berjalan lancar dan tepat waktu, estimasi waktu pengerjaan selama 90 hari Kalender dan diperkirakan selesai sekitar bulan Januari 2019.

Menurut Irjen Pol Drs Didi Haryono, kondisi gedung Polresta Pontianak Kota saat ini sudah tidak memadai sangat sempit. Ia menyebut gedung yang ada sudah tak bisa menampung untuk ruangan pelayanan kepolisian seperti ruang penyidikan, ruangan dokumen dan arsip, selain itu juga ruang pelayanan kepada masyarakat yang kurang memadai yang memerlukan ruangan khusus dan sarana parkir.

Bangunan tersebut akan mengadopsi gaya bangunan minimalis bermotif kedaerahan dan menyesuaikan dengan budaya Kalimantan Barat.Untuk kenyamanan warga, lantai pertama sengaja dirancang sebagai lahan parkir kendaraan dan loby ruang pelayanan kepolisian sehingga mudah akses pelayanannya,Sementara itu, lantai 2 dan 3 rencana akan digunakan sebagai ruangan Kapolresta, Waka Polresta, ruang Kabag dan Kasat beserta stafnya, ruang rapat berskala kecil, ruang server dan data center serta ruang operasional lainnya.

“Ditahun 2018 ini, Polda Kalbar mendapat Berkah. Beberapa gedung dibangun seperti: gedung Rorena, gedung TIK, bangunan commend center Biro Ops, bangunan Masjid Annur, gedung Rumkit, SPN di Singkawang, Mes Bintara di Polres Sambas dan Polres Singkawang, Kantor Pelayanan SIM dan gedung Penjagaan di Polres Singkawang,” kata Irjen Pol Drs Didi Haryono. Ini semua tidak datang tiba-tiba tetapi ini berangkat dari kinerja kita, kerja keras kita yang mampu mengelola kamtibmas: Pilkada aman 6 daerah, pesta Pasparawi dan menanggulangi Karhutla. Seluruh jajaran sudah melaksanakan dengan baik dalam bingkai Polda Kalbar Berkibar dengan program 100 hari jilid ke-3 yang baru selesai.

Apresiasi dan ucapan terima kasih Kapolda Kalbar, Irjen Pol Drs Didi Haryono kepada Bapak Walikota Pontianak, atas hibah pembangunan gedung Mapolresta Pontianak Kota ini, begitu juga kepada warga masyarakat Kalbar yang telah membantu proses dan tahapan pembangunan beberapa gedung dan ruang pelayanan Kepolisian. Denga standar yang semakin baik ini, kedepan Polri akan semakin baik lagi dalam mengawal dan mensukseskan program pemerintah.

“Kami pastikan Kalbar Provinsi yang aman, siapapun yang datang dan berinvestasi di kalbar pasti aman, wisatawan domestik dan mancanegara kita kawal keamanannya,” tutup Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs Didi Haryono mengakhiri sambutannya.

(dri)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top