Hiburan

Mau Tetap Cantik dan Wajah Tetap Bersih Coba 8 Perawatan Ini

Foto : Ilustrasi

Setelah seharian beraktivitas, kebayang dong wajahmu kotornya akan seperti apa? Makeup tebal, asap kendaraan, dan debu yang bertebaran akan membuat wajahmu kotor dan menyumbat pori-pori wajahmu. Jika tidak dibersihkan, wajahmu bisa penuh dengan jerawat dan komedo. Belum lagi, zat-zat radikal bebas yang membuat wajahmu cepat mengalami penuaan. Maka dari itu, membersihkan wajah sebelum tidur merupakan ritual yang tidak boleh dilewatkan.

Manfaatnya? Banyak. Selain menjadikan wajahmu bersih, ritual ini akan membuat pori-pori kulitmu ‘bernafas’ dengan baik, mencegah munculnya jerawat, merawat elastisitas wajah, dan meregenerasi kulit wajah dengan maksimal. Hasilnya, kulitmu akan tetap cantik, lembab, dan terlihat awet muda.

Olahraga tidak hanya baik untuk tubuhmu saja, tetapi juga untuk kecantikan wajahmu. Saat berolahraga, peredaran darah kita akan berjalan dengan lebih lancar. Ini yang menyebabkan kulitmu akan terlihat lebih merona dan bersinar secara alami. Keringat yang dihasilkan dari olahraga juga berguna untuk mengeluarkan racun tubuh melalui kulit. Selain itu, berolahraga juga memicu produksi kolagen yang dapat membuat struktur kulit lebih kencang. Kulitmu akan terhindar dari kerutan.

Kamu nggak perlu membayangkan olahraga yang berat-berat. Cukup aktivitas seperti jogging keliling komplek, bersepeda dengan pacar, atau menari bisa jadi senjata tangguh agar kecantikanmu terus terpancar.

Kandungan serat, gizi, vitamin, dan antioksidan yang ada pada sayur dan buah untuk kecantikan sudah tidak perlu diragukan lagi. Dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah, kulitmu akan cantik alami dari dalam. Lakukanlah variasi pada konsumsi sayur dan buahmu, seperti dibuat jus. Selain agar tidak bosan, kandungan yang terdapat dalam campuran sayur dan buah tersebut akan mengandung nutrisi yang lebih bervariasi.

Bingung mau mulai dari mana? Kamu bisa mengkonsumsi sebutir apokat seminggu sekali. Apokat mengandung biotin, yang berguna menguatkan kuku dan rambutmu, serta melembabkan kulit tubuhmu. Kalau mau yang lebih mudah, kamu bisa mengkonsumsi tomat. Tomat adalah sumber antioksidan lycopene yang baik untuk menangkal zat-zat radikal bebas yang mempercepat penuaan.

Setelah mandi atau membersihkan wajah, jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembab dan lotion. Apalagi untuk kamu yang berkulit kering. Pemakaian pelembab dan lotion akan membantu tubuhmu untuk ‘mengunci’ air pada kulit agar tidak kekurangan cairan. Penting untuk selalu menjaga kulit dalam keadaan lembab. Karena jika kulit dibiarkan kering, kulit akan kekurangan kehilangan vitamin, cepat keriput, dan membuat make up-mu tidak bertahan lama.

Selama ini, banyak dari kita yang belum tahu cara memakai pelembab atau lotion yang benar. Untuk mengoleskannya ke tubuhmu, jangan menunggu sampai kulitmu benar-benar kering setelah mandi. Menurut dr. Mehmet Oz dari Sharecare, justru kamu harus mengoleskannya ketika keadaan tubuhmu masih agak lembab. Dengan begini, lotion atau pelembab akan lebih dapat ‘mengunci’ air pada kulitmu.

Paparan sinar ultraviolet yang merupakan bagian dari energi matahari akan mengancam kesehatan kulitmu. Jika tidak diberikan perlindungan yang baik, kulitmu akan cepat mengalami penuaan, timbul flek-flek hitam, dan yang paling bahaya adalah terkena kanker kulit. Tidak mau, ‘kan? Maka dari itu, selalu gunakan tabir surya 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Masih bingung kamu perlu tabir surya ber-SPF berapa? SPF tidak menunjukkan seberapa kuat efek tabir surya tersebut, tetapi seberapa lama efeknya akan bertahan. Pakailah produk yang SPF-nya paling tidak 30 jika kamu beraktivitas di luar ruangan. SPF 15 jika aktivitasmu lebih banyak ada di dalam ruangan. Ingat, tabir surya ini perlu dioleskan ulang tiap 2-4 jam sekali agar tetap efektif.

Kurangnya waktu untuk tidur akan membuatmu terlihat lelah dan tegang. Ini tidak baik untuk kulitmu. Istirahat dan tidurlah dengan cukup setiap harinya. Efek rileks yang dihasilkan dari tidur dapat membuat sel-sel kulitmu beregenerasi dengan baik dan peredaran darah berjalan dengan lancar. Saat bangun, kulitmu pun akan terasa lebih kencang dan lebih cerah dari sebelumnya.

Melakukan perawatan masker akan sangat membantumu untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit wajahmu. Jika dilakukan rutin setiap minggunya, dalam beberapa minggu kamu sudah bisa melihat perbedaannya. Perawatan masker wajah pun tidak lagi sulit dan menghabiskan banyak waktu. Saat ini sudah banyak produk-produk masker wajah berbentuk pasta yang dijual di pasaran. Tentu saja ini memudahkanmu untuk melakukan perawatan secara rutin 1 minggu sekali.

Tapi jika kamu memiliki banyak waktu luang, membuat masker sendiri dari bahan-bahan alami juga tidak ada salahnya, lho. Apalagi sekarang sudah banyak resep-resep membuat campuran masker wajah di internet. Dengan bahan-bahan alami seperti pisang, oatmeal, atau putih telur, tentu saja hasilnya akan lebih ramah bagi kulitmu.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top