Politik

Fraksi DPRD Sampaikan PU Terhadap Raperda Diajukan Pemprov Kalbar

Pontianak – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalbar menggelar rapat paripurna dengan agenda pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kalbar terhadap Nota Penjelasan Gubernur Kalbar terhadap Raperda tentang APBD Provinsi Kalbar tahun anggaran 2019 dan dua Raperda yang diusulkan Pemprov Kalbar di ruang Balairung Sari, Kantor DPRD Kalbar, Senin (22/10).

Rapat Paripurna yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kalbar Ermin Elviani dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan dan dihadiri 34 anggota DPRD Kalbar, menyetujui pengusulan Raperda tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Daerah dan Pembiayaan Transportasi Lokal Jemaah Haji serta Raperda Pengelolaan Barang Milik Daerah.

“Kita melihat Asrama Haji kurang resperantif dan ke ingin kita (Pemprov Kalbar) bagaimana asrama haji di bangun dan dikelola dengan baik. Contohnya seperti daerah batam daerah lainnya yang cukup baik dan bisa menampung jamaah cukup banyak,” kata Wakil Gubernur Ria Norsan.

Ria Norsan menambahkan untuk saat ini lokasi Asrama Haji cukup kecil dan tidak bisa menampung Jemaah haji yang tiap tahunnya makin bertambah.

“Lokasi yang saat ini kecil, tetapi kalau memang tidak ada lokasi lagi kita kembangkan pembangunan saja, misalnya kita tingkatkan Asrama Haji itu,” Tuturnya.

Dirinya pun tidak menutup kemungkinan lokasi Asrama Haji bisa berdekatan dengan bandara udara agar para jamaah haji bisa langsung ke bandara.

“Kalau lokasi Asrama Haji bisa memungkingkan di Kubu Raya, apalagi jika ada tanah yang dekat dengan bandara. Jika kita nanti jadi embarkasi sendiri jamaah haji yang pulang bisa langsung ke Asrama Haji tidak jauh lokasinya,” Tegasnya.

Menurutnya untuk luas pembangunan Asrama Haji yang dibutuhkan bekisar antara lima hingga sepuluh hektar tanah.

“Untuk Pembangunan nanti kita serahkan ke Departemen Agama, Kita hanya pembesasan lahan. Bisa saja lahan kita yang ada ini ditukar gulingkan kita mendapatkan yang lebih besar tetapi catatan lokasinya tidak jauh masuk ke dalam, kalo kemaren wacanannya rasau jaya masuk dalam lagi dan kita mau dekat-dekat bandara,” Pungkasnya.

Sementara itu, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai PAN, Fraksi Partai NasDem, Fraksi Nurani Keadilan dan Fraksi Persatuan Keadilan Sejahtera pada umumnya menyetujui dan menerima rancangan Raperda yang diajukan oleh Pemerintah Provinsi untuk dibahas lebih lanjut.

(Andika)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top