Kesehatan

Cegah DBD, RSAU Lanud Supadio Laksanakan Fogging

Kubu Raya – Dalam upaya mencegah berjangkitnya Demam Berdarah Dengue (DBD) pada musim hujan ini, Rumah Sakit TNI Angkatan Udara (RSAU) dr. M. Sutomo, Lanud Supadio melaksanakan pengasapan (fongging) di seluruh Kantor dan pemukiman yang ada di Lanud Supadio, Jumat (26/10).

Saat ini, Propvnsi Kalbar memasuki musim penghujan, tak heran setiap hari dibeberapa daerah diguyur hujan. Akibat curah hujan yang tinggi menyebabkan beberapa daerah mengalami banjir. Banyak penyakit yang timbul dimusim hujan, salah satunya Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala Rumah Sakit (Karumkit) RSAU dr. M. Sutomo Mayor Kes dr. Yanuar Tirtajaya, Sp.OT mengatakan kegiatan fogging ini merupakan langkah awal dalam mencegah berjangkitnya penyakit demam berdarah.

“Kita ketahui bersama bahwa pada musim hujan sangat retan timbulnya penyakit DBD. Penyakit yang ditularkan lewat nyamuk Aedes Aegpty ini sangat berbahaya bila terlambat menanganinya. Tidak sedikit yang menjadi korban akibat keganasan penyakit ini,” kata Karumkit yang ikut memantau kegiatan fogging.

Ia menuturkan selain pengapasan atau fogging, cara pencegahan dan pemberantasan penyakit DBD melalui 3 M yaitu menutup, menguras dan mengubur barang-barang bekas yang berpotensi menjadi berkembangnya nyamuk aedes aegypty.

“Saya menghimbau kepada seluruh anggota dijajaran Lanud Supadio dan masyarakat untuk bersama-sama mencegah timbulnya penyakit DBD dengan cara rutin membersihkan lingkungan disekitar tempat tinggal, menutup tempat penampungan air, rutin menguras bak mandi dan membuang atau mengubur barang yang tidak dipergunakan serta membersihkan selokan,” harap Mayor Kes dr. Yanuar Tirtajaya, Sp.OT.

Salah seorang warga, Serka Asmudi (41) menyambut baik kegiatan fogging yang dilaksanakan oleh RSAU Lanud Supadio. “Dengan adanya fogging ini tentunya mengurangi timbulnya wabah penyakit demam berdarah. Semoga penyakit tersebut tidak berjangkit diwilayah Lanud dan sekitarnya,” ujar anggota Denhanud 473 Paskhas yang bermukim di Komplek Garuda, Desa Kuala Dua.

Loading...

(Dika)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top