Kuliner

Manfaat Es Lidah Buaya Bisa Memperlancar Metabolisme

Pontianak – Lidah buaya adalah salah satu cara mengolah tanaman berdaun hijau tebal berduri yang bagian dalamnya mirip sekali dengan jelly. Minuman dingin ini cukup terkenal terutama di daerah Pontianak, Kalimantan Barat.

Sebagian besar orang kenal tumbuhan dengan nama latin Aloe Vera ini sebagai campuran shampoo yang menyehatkan rambut. Belum banyak yang pernah mencoba mengkonsumsi langsung. Aroma langu dan rasa yang sedikit pahit adalah alasan kenapa lidah buaya jarang sekali diolah menjadi makanan. Rugi kan? Padahal didalamnya banyak terdapat nutrisi yang berguna bagi tubuh manusia.

Cara Membuat Es Lidah Buaya

Seperti kita tahu jika kita kupas kulit daun lidah buaya akan didapatkan semacam jelly transparan. Banyak yang menyebutnya nata de aloe, masih saudara dengan nata de coco.

Diantara daun hijau dan jelly biasanya terdapat getah berwarna kuning kehijauan yang berbau langu. Kalau tidak diolah dengan tepat, getah ini nantinya akan mempengaruhi hasil dari resep es lidah buaya. Cara mengatasinya simpel cukup dengan merendamnya dalam air kapur sirih, beberapa orang bahkan hanya mengaraminya saja.

Karena jelly lidah buaya tersebut kurang berasa maka kita perlu menambahkan perasa manis agar terasa lebih enak. Bahan yang dipakai boleh sirup ataupun gula. Kadang ada juga yang menambahkan perasan jeruk nipis.

Lidah buaya 500 gramKapur sirih 1 sdmGaram sdtGula pasir sesuai seleraAir untuk merendam dan merebusDaun pandan 1 lembarCara Membuat Minuman dari Lidah Buaya:
Pertama-tama petiklah beberapa buah lidah buaya, pilihlah yang tebal dan tua artinya lapisan jelly lebih banyak. Sebaiknya didiamkan dulu selama semalam agar getah di dalamnya sedikit berkurang.

Selanjutnya tugas kita adalah mengupas, memisahkan kulit daun dengan jelly. Hati-hati dalam melakukannya! Jangan terlalu sering memegang jelly karena lendirnya bikin licin, ditakutkan bisa membuat pisau meleset.

Setelah itu potong-potong jelly tersebut membentuk dadu, mirip dengan nata de coco. Cuci bersih jelly aloe vera dengan air mengalir, lakukan beberapa kali sampai lendir berkurang.

Loading...

Sekilas memang terlihat sudah siap olah, tapi kemungkinan masih ada bau langu di jelly. Oleh karena itu disarankan untuk merendam jelly lidah buaya dengan air lalu ditambahkan kapur sirih dan garam. Rendam sekitar 1 jam lalu cuci bersih.

Siapkan panci di atas kompor lalu masukkan air sekitar 500 ml. Tambahkan gula pasir dan daun pandan yang diikat ke dalamnya. Panaskan terus sampai mendidih, setelah itu masukkan lidah buaya, cukup rebus kurang lebih 5 menit.

Resep es lidah buaya hampir jadi, tinggal penyajian saja. Masukkan lidah buaya dan air gula ke dalam gelas saji lalu tambahkan es batu secukupnya. Minuman segar sekaligus menyehatkan dari aloe vera telah selesai, cocok dinikmati di cuaca tropis Indonesia.

Cara mengolah lidah buaya di atas hanya resep paling simpel. Untuk variasi kita bisa mencampurkan nata de coco, melon, kolang-kaling dan berbagai macam buah. Tambahan rasa kita bisa menganti sirup gula dengan sirup cocopandan atau rasa lainnya.

Manfaat Es Lidah Buaya

Alasan orang mencoba mengolah aloe vera adalah untuk mendapatkan kandungan 20 asam amino, 12 vitamin dan 20 mineral.

Banyak sekali efek baik yang bisa didapatkan, kebanyakan menggunakannya untuk diet. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan kolagen didalamnya, tubuh akan mengeluarkan energi lebih agar dapat mencerna kolagen ini. Makin banyak energi keluar maka makin cepat kurus kan?

Selain itu lidah buaya digunakan sebagai obat pencahar yang membantu makanan keluar dari tubuh lebih cepat. Ini menyebabkan penyerapan energi dari makanan lebih sedikit. Efeknya ya menurunkan berat badan, tapi jangan terlalu sering mengkonsumsinya karena bisa menyebabkan sembelit.

Selain itu
Dipercaya dapat memperlancar metabolismeMenurunkan sekaligus menstabilkan indeks massa tubuhMemperkuat sistem imunMempercepat penyembuhan lukaMeredakan peradangan/ iritasi di kulitSekian artikel tentang Cara Membuat Es Lidah Buaya Minuman Sehat Khas Kalimantan. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top