Busines

DPRD Sanggau Minta Stakeholder Cari Solusi Sulitnya Petani Jual TBS

SANGGAU – Sulitnya petani menjual tandan buah segar (TBS) mereka mendapat perhatian serius Anggota Komisi B DPRD Sanggau, Robby Sugianto. Ia mengimbau kepada seluruh stakeholder, terutama Pemerintah pusat, Pemprov dan Pemkab agar bisa menyikapi persoalan ini dengan lebih intens.

“Sebagian besar masyarakat di kabupaten Sanggau sudah terlanjur menggantungkan harapannya kepada komoditas tanaman kelapa sawit, ” katanya, Selasa (30/10/2818). Untuk karenanya, lanjut Politisi Partai Gerindra Sanggau itu, stakeholder terkait perlu duduk bersama semua pihak untuk menjelaskan situasi yang berkembang sejelas-jelas nya.

“Karena kita kasihan dengan nasib petani yang banyak tidak mengetahui duduk persoalan yang mereka hadapi. Kemudian perlu dibuat kebijakan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang mengingat ini sudah menyangkut hajat hidup orang banyak ” ujarnya.

Persoalan ini, tambah Robby, cukup jadi pelajaran bagi semua pihak agar lebih serius dalam mencari solusi, memikirkan strategi dan memetakan tantangan-tantangan kedepan.

“Begitu banyak petani yang tidak siap menghadapi situasi seperti ini. Dimana setiap bulan ribuan keluarga yang bergantung dengan komoditas kelapa sawit ini untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka,” tegasnya.

Imbas ini juga dirasakan oleh pedagang yang lansung merasakan turunnya daya beli masyarakat.

“Saya melihat persoalan ini akan tetap terjadi jika tidak ada persiapan. Saya juga mengimbau kepada mayararakat dengan adanya kejadian ini untuk kemudian bijaksana dalam mengelola keuangan,” ingatnya.

Kemudian juga bisa memikirkan alternatif lain dalam rangka persiapan apabila kejadian seperti ini terulang. Dan tentunya hal ini tidak mudah, Tapi pasti ada hikmahnya dalam setiap peristiwa.

“Dan saya kira jumlah pabrik harus disesuaikan dengan perkembangan potensi produksi buah petani secara keseluruhan. Kemudian perlunya persiapan apabila negara-negara lain tidak bisa membeli hasil produksi kita yang berlimpah. Semoga semua pihak dapat bergandeng tangan untuk mencarikan solusi kongkritnya untuk kemaslahatan petani, ” tuturnya.

(dra)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top