Regional

Tim SAR Gabungan Evakuasi KM Bunga Barokah

Pontianak – Transportasi laut wilayah perairan Kalimantan Barat, di rundung duka dengan kecelakaan laut yang terjadi pada KLM Arta illahi 46 GT,muatan 100 Ton garam dari Madura tujuan Ketapang, Kab.Ketapang Kalbar, Kamis ( 01/11).

KM.Bunga Barokah 16 GT, nelayan Asal Indramayu/Jabar melintas di perairan Pulau Mangkut Kalbar  pada posisi 03 165 92 S – 110 149 89 T. pada Rabu pagi Pkl.06.00 Wib tanggal 31/10/2018, melihat barang berserakan, antara lain buah-buahan ,tomat dan barang lainnya di laut dan terapungnya Drum dmana ditemukannya korban sedang berpegangan pada rakit  drum penguin mengapung sampai pagi hingga di temukan ABK KM. Bunga Barokah, untuk diberi pertolongan untuk di bawa daratan terdekat yakni Syahbandar Kendawangan.

Dalam perjalanan menolong laka laut, nahkoda KM Bunga Barokah asal Indramayu membawa korban se sampai Syahbandar Kendawangan pkl.21.00 wib, dengan jarak tempuh 45 mill selanjutnya petugas koordinasi Pos TNI AL Kendawangan Jajaran Lantamal XII Pontianak untuk menindaklanjuti adanya laporan penyelamatan ABK KLM. Arta illahi oleh ABK KM.Bunga Barokah, untuk di berikan pertolongan pertama di Syahbandar Kendawangan.

Dari petugas POS TNI AL Kendawangan melaporkan perihal Laka di perairan Pulau Mangkut Kalbar, ke Kotas dalam hal ini Danlantamal XII Pontianak segera perintahkan Asops Danlantamal XII Kolonel Laut (P) Herianto T.Angi S.E., untuk memberikan pertolongan melalui Petugas POS TNI AL Kendawangan dan di sampaikan bahwa kecelakaan laut yang terjadi pada KLM Arta illahi pada posisi : 03 188 27 S – 110 183 74 T di perairan Pulau Mangkut  kalimantan Barat, dan bergeser pada posisi : 03 165 92 S – 110 149 89 T saat di temukan korban oleh ABK KM Bunga Barokah 16 Gt.

KLM Arta illahi 46 Gt  yang di Nahkodai Marhan / 44 Thn asal Madura, membawa muatan garam seberat 100 Ton dengan jumlah  ABK 7 orang, dan dua (2) penumpang dengan keseluruhan 9 orang yakni  penumpang wanita An. iul berusia 27 Th dan Balita wanita An. Nazwa 3 Th. dalam kondisi selamat bersama 6 ABK dan yang belum di temukan 1,0rang An.Amar usia 50 Th pemilik kapal KLM Arta illahi yang ikut tenggelam ke sedot kapal dan dalam pencarian Tim Sar Gabungan Kendawangan.

Hingga berita ini di turunkan Tim Sar Gabungan dengan menggunakan speedbot Syahbandar Kendawangan, Pos TNI AL Kendawangan Jajaran Lantamal XII Pontianak,  Polairud Kendawangan baru selesai

Penyisiran lokasi Laka Laut antara Pulau Mangkut dan Pulau Gelam dengan cuaca tidak bersahabat, Mendung para petugas kembali kepangkalan Kendawangan, selanjutnya di koordinasikan basarnas Ketapang untuk meneruskan SAR.

Loading...

(Dika)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top