Hiburan

Pernah Mengalalami Susah Sinyal Dilokasi Gedung Ini Tipsnya

Foto : Ilustrasi

Pernahkah merasakan kondisi dimana sinyal kita bagus dan lancar di semua tempat di rumah, namun sinyal kita mendadak lemah bahkan hilang pada saat kita tiba di kamar? Kondisi seperti ini memang sangat tidak menyenangkan bahkan bisa jadi menyebalkan.

Banyak kondisi yang mempengaruhi kondisi sinyal, namun jika kondisi-kondisi tersebut terjadi setiap kali kita berada di satu tempat tentunya akan jadi sangat menjengkelkan. Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan untuk menguatkan sinyal tanpa mengharuskan adanya usaha yang ekstra dari kita? Nah, berikut adalah tips-tipsnya untuk bisa langsung disimak.

Jangan terburu-buru untuk menyalahkan operator atau pun kartu SIM, sinyal kita lemah itu bisa jadi diakibatkan dari gadget kita yang sudah low batt. Banyak merek handphone yang sengaja mengaktifkan mode hemat baterai pada saat gadget kita tersebut sudah mulai kehabisan daya baterai, sehingga mengakibatkan turunnya berbagai performance termasuk dalam hal penerimaan sinyal.

Segeralah men-charge gadget kita untuk mencegah terjadinya penurunan performa sehingga sinyal kita jadi tidak sampai melemah, dan kita pun bisa menggunakan handphone kita dengan lancar.

Nyalakan Airplane Mode, lalu matikan lagi untuk melakukan restart terhadap penerima sinyal. Hal ini bisa dilakukan untuk me-refresh sinyal seperti pada saat kita melakukan restart terhadap gadget kita, namun lebih simpel dan tanpa harus menunggu dengan lebih lama. Memang bedanya apa? Dengan menggunakan fitur ini, kita akan membuat handphone kita bakal melakukan pencarian ulang terhadap sinyal yang lebih kuat dibandingkan sebelumnya.

Lakukan hal ini sebanyak beberapa kali untuk memastikan bahwa sinyal kita jadi lebih menguat, atau minimal, mendapatkan sinyal yang lebih stabil.

Periksa posisi antena handphone kita terlebih dahulu. Nah, pada saat sudah mengetahui di mana posisinya, lakukan cek lagi. Apakah ada benda yang menghalangi antena tersebut, seperti stiker atau casing handphone?

Lepaskan benda tersebut, dan kita pun bisa mengetahui apakah benda tersebut memang yang bertanggung jawab dalam hal jeleknya penerimaan sinyal kita.

Jika benar, maka lepaskan stiker yang menghalangi tersebut. Dan, jika benda itu nyatanya adalah casing, segeralah diganti dengan casing yang berbahan lebih ringan atau yang tidak menutupi antena handphone

Apa hubungannya jendela dengan sinyal? Seringkali, sinyal kita terhalang oleh tembok dan jendela rumah yang cukup tebal. Nah, kita tidak mungkin menggeser tembok kamar, jadi bukalah jendela kamar kita agar sinyal yang ada tidak akan terlalu terhalang untuk diterima.

Apabila kondisi kamar kita terlalu berbahaya atau merepotkan untuk membuka jendela, seperti di apartemen misalnya, maka cukup dengan bergeser ke dekat jendela pada saat ingin menggunakan handphone.

Jika semuanya tadi sudah dilakukan dan kita nyatanya masih memiliki sinyal yang jelek, maka mungkin inilah saatnya untuk mengganti operator kita. Jaringan yang disediakan oleh operator kita saat ini mungkin memiliki keterbatasan di daerah rumah kita dan memang tidak ada lagi yang bisa kita lakukan mengenai problem itu.

Pelajari operator lain yang memiliki sinyal yang baik di daerah rumah terutama kamar, mungkin dengan bertanya pada anggota-anggota keluarga lain yang menggunakan operator berbeda atau lakukan cek jaringan di website resmi milik operator tersebut dan pilihlah yang sekiranya memiliki ketersediaan sinyal yang paling baik.

Semoga tips-tips di atas berguna untuk menguatkan sinyal di kamar kita ya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top