Hiburan

10 Manfaat Jambu Biji Merah Salah Satunya Untuk Obat Kanker

Jambu biji yang memiliki segudang manfaat ini di kenal dengan ciri khas adanya biji-biji keras kecil di tengah daging buahnya. Bentuknya bulat atau oval dengan warna hijau terang atau kulit kuning muda, dan warna dagingnya bervariasi dari putih atau merah muda sampai merah tua. Tahukah Anda manfaat buah jambu biji?

Selain rasa dan wangi yang unik, jambu biji yang bernama amrood dalam bahasa Hindi ini, telah dikenal sebagai salah satu buah super karena berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkannya. Buah sederhana ini sangat kaya akan vitamin C, lycopene dan antioksidan yang bermanfaat bagi kulit. Jambu biji juga kaya akan mangan yang membantu tubuh menyerap nutrisi penting lainnya dari makanan yang kita makan.

Jambu biji juga mengandung asam folat, mineral yang membantu meningkatkan kesuburan. Kalium dalam jambu biji membantu menormalkan tekanan darah.

Itu hanya beberapa saja dari sekian banyak manfaat buah jambu biji, sayangnya sebagian besar dari kita belum mengetahuinya secara keseluruhan. Oleh karena itu simak terus artikel berikut di bawah, semoga dapat lebih menambah pengetahuan Anda tentang dunia kesehatan.

Buah ini adalah sumber serat makanan larut yang sangat kaya (5,4 g per 100 g buah, sekitar 14% dari RDA), yang membuatnya menjadi obat pencahar massal yang hebat. Kandungan serat membantu melindungi mukosa usus besar dengan mengurangi waktu paparan racun dan juga mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.

Dalam 100 g buah jambu biji merah menyediakan 5204 mcg lycopene, hampir dua kali lipat dari pada tomat. (100 g tomat mengandung 2573 mcg lycopene). Studi menunjukkan bahwa lycopene dalam jambu biji merah mencegah kerusakan kulit dari sinar UV dan menawarkan perlindungan terhadap kanker prostat.

Selanjutnya, buah ini juga merupakan sumber vitamin B kompleks seperti asam pantotenat, niasin, vitamin B6 (piridoksin), vitamin E dan K, serta mineral seperti magnesium, tembaga, dan mangan. Tubuh manusia menggunakan mangan sebagai co-factor untuk enzim antioksidan, superoxide dismutase . Tembaga juga dibutuhkan untuk produksi sel darah merah.

Anda ingin menurunkan berat badan tanpa harus mengorbankan asupan protein, vitamin dan seratnya? Anda harus mencoba buah yang satu ini. Karena salah satu manfaat jambu biji ini adalah dapat membantu Anda menurunkan berat badan, sangat cocok untuk Anda yang sedang melakukan diet atau sedang mengurangi konsumsi makan.

Jambu biji sangat kaya akan vitamin, protein dan mineral, namun tidak mengandung kolesterol dan kandungan karbohidratnya mudah dicerna. Kandungan gula pada jambu biji juga jauh lebih sedikit dibandingkan dengan apel, jeruk, anggur, dan buah lainnya. Sangat cocok menjadi pendamping makanan atau camilan yang dapat mengenyangkan dan menyehatkan.

Jambu biji memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin A sangat bermanfaat untuk kesehatan mata atau penglihatan. Di samping itu juga dapat membantu memperlambat munculnya katarak, degenerasi makula, penurunan penglihatan dan mencegah gangguan kesehatan mata lainnya.

Mengonsumsi jambu biji juga dapat membantu pasien yang menderita diabetes. Tingginya serat makanan dalam jambu biji membantu mengatur penyerapan gula oleh tubuh, sehingga dapat menurunkan kemungkinan lonjakan kadar gula, serta penurunan insulindan glukosa dalam tubuh. Studi telah menunjukkan bahwa mengonsumsi jambu biji dapat membantu mencegah munculnya diabetes tipe-2.

Kadar vitamin C alami yang tinggi dalam jambu biji, lima kali lebih tinggi daripada jeruk, sehingga dapat memberikan sistem kekebalan tubuh yang sangat besar melalui antioksidan. Antioksidan adalah jalur pertahanan utama melawan proliferasi radikal bebas di dalam tubuh, yang merupakan salah satu penyebab utama kondisi serius seperti kanker dan penyakit jantung.

Oleh karena itu, menambahkan buah ini ke daftar menu makanan Anda, maka Anda akan mendapatkan manfaat jambu biji yang pada akhirnya berdampak baik untuk kesehatan.

Mungkin sebagian besar dari kita belum pernah mendengar mengenai penyakit yang satu ini.

Scurvy adalah gagalnya sintesis kolagen dan pembentukan osteoid di dalam tubuh. Indikasi penyakit ini adalah pendarahan pada badan, lebam-lebam, gusi berdarah, dan gigi mudah tercabut yang disebabkan oleh defisiensi (kekurangan) vitamin C di dalam tubuh.

Asupan vitamin C yang tepat adalah satu-satunya obat yang diketahui untuk penyakit berbahaya ini. Nah hebatnya, jambu biji ini bahkan dapat mengalahkan banyak buah lainnya, termasuk jeruk dan buah-buahan citrus lainnya dalam hal konsentrasi vitamin C.  Dan faktanya, jambu biji mengandung 5X lebih banyak vitamin C daripada jeruk, yang sering digembar-gemborkan sebagai sumber terbaik dari vitamin C ini.

Salah satu manfaat jambu biji yang paling terkenal dan penting untuk menambahkan jambu ke makanan Anda adalah kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan dan metastasis sel kanker. Ada banyak penelitian yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir pada buah ini, efeknya terutama pada kanker prostat, kanker payudara, dan kanker mulut.

Bahkan minyak daun jambu biji pun dapat menjadi zat anti-proliferatif, dan sebenarnya terbukti lebih efektif daripada beberapa obat modern terkemuka dalam mengurangi pertumbuhan kanker. Jambu biji juga kaya akan lycopene, antioksidan kuat yang terbukti sangat berhasil dalam mengurangi risiko kanker prostat . Antioksidan yang sama juga terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Jambu biji sangat kaya akan astringents(senyawa yang membuat gusi Anda terasa lebih kencang dan segar). Setelah Anda mengunyah daun jambu biji, makan jambu mentah, atau menggunakan pasta gigi berbasis jambu biji, mulut Anda akan terasa lebih sehat, dan dapat mengurangi gejala diare.

Zat ini bersifat basa dan memiliki sifat desinfektan dan anti bakteri, sehingga membantu penyembuhan disentri dengan menghambat pertumbuhan mikroba dan mengeluarkan lendir ekstra dari usus.

Adanya manfaat jambu biji yang satu ini, tidak lain diperantarai oleh kandungan mineral tembaga. Tembaga merupakan bagian penting untuk mengatur metabolisme tiroid dengan membantu mengontrol produksi hormon dan penyerapan. Kelenjar tiroid adalah salah satu kelenjar terpenting dalam tubuh untuk mengatur hormon dan fungsi sistem organ, sehingga jambu biji dapat membantu menyeimbangkan kesehatan Anda dengan berbagai cara.

Jambu biji mengandung serat yang sangat tinggi. Bijinya jika di cerna utuh atau di kunyah, dapat berfungsi sebagai obat pencahar yang sangat baik sehingga melancarkan buang air besar. Jambu biji juga membantu membersihkan usus dan sistem ekskretorisAnda secara menyeluruh. Menurut penelitian, sembelit dapat menyebabkan 72 penyakit sehingga mencegah sembelit adalah hal yang sangat penting.

Tidak ada yang bisa menyangkal jika kesehatan dipengaruhi oleh pencernaan yang tepat, dan yang lebih penting lagi, ekskresi yang tepat. Maka dari itu seringlah mengonsumsi jambu biji agar kesehatan pencernaan Anda senantiasa terjaga.

Selain buah jambu, buah lain yang juga memiliki efek kuat dalam mengobati sembelit adalah pepaya. Selangkapnya, baca: 20 Manfaat Buah Pepaya yang Terbukti Secara Ilmiah

Manfaat lain dari jambu biji yang luar biasa adalah adanya vitamin B3 dan vitamin B6. B3 (juga dikenal sebagai niacin ) dapat meningkatkan aliran darah dan merangsang fungsi kognitif. B6 adalah nutrisi yang hebat untuk fungsi otak dan saraf. Karena itu, mengonsumsi jambu biji bisa membantu Anda meningkatkan fungsi otak dan mempertajam fokus Anda.

To Top