Entertainment

Sambut Tahun Baru Warga Sintang Gelar Seni Kuda Lumping

Sintang - Berbagai cara masyarakat secara nasional untuk menyambut tahun baru ,mulai dari pesta pora,berlibur dengan keluarga hingga menggelar seni budaya maupun kegiatan lainya.

Kali ini warga Masuka Kelurahan Kapuas Kanan Hilir dan Warga Merano Kelurahan Kapuas Kanan Hulu Kecamatan Sintang Kabupaten Sintang Kalbar memanfaatkan momen tersebut dengan menggelar Kuda Lumping. Kuda lumping merupakan seni asli budaya Banyuwangi Jawa Timur yang di tumbuh kembangkan oleh masyarakat yang ada di Sintang.

"Ya ini cara kami nguri-nguri budaya kita banyuwangi-red yang ada di Sintang,meski kita tinggal di luar daerah Banyuwangi namun kita tidak boleh melupakan budaya daerah kita,"ujar Supriadi Ketua Panitia pada media ini Sabtu,(29/12/2018). Di Jalan Padat Karya Kapuas Kanan Hulu Sintang.

Momen tahun baru itu lanjut Supriadi ,baik nya dimanfaatkan untuk refleksi diri bukan untuk hura hura.misalkan dengan menggelar acara seni budaya secara tidak langsung sudah menumbuh kembangkan budaya peninggalan leluhur yang mesti dijaga dan dilestarikan.

"Ini kan peninggalan nenek moyang leluhur yang harus kita lestarikan ,selain itu kita ingin budaya kita dikenal dan diketahui keluarga dan saudara kita masyarakat yang ada di Sintang,"pungkasnya.

Salah satu penonton Kati (47) warga Merarai Dua Kecamatan Sungai Tebelian mengaku bangga bisa melihat kuda lumping tersebut.

"Rumah saya jauh mbak sekitar 30 km dari sini,meski jauh tetap aku bela-belain pingin nonton sampai naik ojek ini tadi,"ucapnya.dengan kental dialek osengnya (bahasa khas banyuwangi-red).

Pantauan media ini ratusan masyarakat mulai dari balita hingga orang tua menjejali jalan poros padat karya turut menyaksikan pagelaran seni kuda lumping tersebut.

(sus)

To Top