Travel

Akhiri Perayaan Imlek dan CGM 26 Replika Naga Dibakar

Kubu Raya - Puncak perayaan Cap Go Meh dan perayaan Imlek 2570  diakhiri dengan pembakaran Replika naga di Taman Pemakaman Yayasan Bhakti Suci Sungai Raya, Rabu (20/2).

Sebanyak 26 replika naga yang sudah menjalani ritual buka mata, juga kembali menjalani ritual tutup mata sebelum dibakar oleh masing-masing group naga.

Sebelum dibakar pemain naga menunjukkan kepiawaian mereka memainkan naga-naga tersebut. Naga kemudian diarak dan disusun di area pembakaran naga, untuk kemudian dibakar.

Menurut kepercayaan Tionghoa, arwah yang sebelumnya dimasukkan ke naga tersebut akan kembali ke kahyangan dengan cara dibakar.

Menurut Ketua Panitia, Bong Djie Sen, ada 26 Replika naga yang menjalani ritual tutup mata di Klenteng Kwan Tie Bio dan dibakar Halaman pemakaman YBS.

"Ritual naga tutup mata dan pembakaran naga ini merupakan akhir dari puncak perayaan CGM. Sebelumnya, naga-naga tersebut telah menjalani ritual buka mata, dan wajib dikembalikan dengan ritual naga tutup mata dan dibakar,," kata Bong Djie Sen saat ditemui.

(Dika)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top