Travel

Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Penggerak Perekonomian Masyarakat

Kubu Raya – Pariwisata dan Ekonomi Kreatif merupakan salah satu sektor penggerak perekonomian masyarakat. Perkembangan sektor ekonomi kreatif dan pariwisata juga turut menggerakan ekonomi kerakyatan secara langsung. Oleh sebab itu, Pemerintah Kubu Raya melalui Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif Pemuda dan Olah Raga Kubu Raya, terus melakukan inovasi dalam meningkatkan perkembangan ekonomi kerakyatan dari sektor ekonomi kreatif.

Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Pemuda dan Olah Raga Kubu Raya, Cicilia Tria Agustina mengatakan pihaknya akan terus mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dari sektor ekonomi kreatif. Dengan berbagai inovasi dalam mendukung program-program pemerintah Kubu Raya.

“Kita akan terus mendorong dan melahirkan berbagai inovasi program untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat dari sektor industry kreatif,” terang Cicilia.
Sementara itu, Ketua tim Penggerak PKK Kubu Raya Rosalina Muda mengatakan sangat menyambut baik kegiatan yang akan mendorong ekonomi kraetif masyarakat ikut tumbuh. Yang akan tumbuh sejalan dengan kemajuan ekonomi keluarga.
“Kita sangat menyambut baik kegiatan ini, sebagai sebuah upaya bersama meningkatkan kesejahteraan amsyarakat. Tidak bias dipungkiri bahwa kegiatan-kegiatan kepariwisataan akan mampu mendorong industry kreatif muncul dengan berbagai kerajinan. Sekaligus dalam waktu yang bersamaan, ekonomi masyarakat juga ikut maju,” terang Rosalina.

Rosalina mengatakan pariwisata harus ditempatkan pada posisi sebenranya, sehingga semua pihak dan semua pegiat industry pariwisata tidak ragu-ragu untuk ikut mengembangkan industry pariwisata. Diakatkan Rosalina, Kabupaten Kubu Raya memeiliki spot-spot pariwisata yang dapat dikemas dan diolah menjadi sebuah industry pariwisata. Melalui, ide dan agagasan kreatif, konsep yang lebih menarik dan kreatif. Sehingga mengundang pengunjung dan masyarakat untuk datang berkunjung dan menikmati.
“Kiata semua harus bekerja sama dan bersama-sama mendorong pertumbuhan industry pariwisata kita di Kubu Raya. kita memeiliki banyak potensi yang saat ini belum digali dengan maksimal. Ini yang akan bersam-sama kedepan kita gali bersama, kita promosikan bersama-sama sehingga semakin banyak masyarakat yang mengetahui dan akan berkunjung ke Kubu Raya,” ujar Rosalina.

Sementara itu, Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo menegasakan bahwa pihaknya akan terus mengembangkan fokus pembangunan disemua sektor, termasuk pembangunan perekonomian masyarakat dari sektor industry kreatif. Membangun ekonomi kreatif salah satunya adalah dari sektor pariwisata. Sebab keduanya sangat seiring sejalan, dimana destinasi wisata terbangun dengan baik, mudah diakses maka akan tumbuh industry ekonomi kreatif didaerah tersebut.

Dikatakan Sujiwo, pembangunan ekonomi kreatif memerlukan dukungan dari semua pihak. Lintas sektor dan lintas instansi. Sinergi tersebut nantinya akan mampu menggairahkan kembali dan menumbuhkan kemabali semangat industry kreatif agar kembali jaya. Sehingga masyarakat yang berkecumpung dalam industry kraetif kembali hidup ekonominya.
Diakatakan Sujiwo, ada beberapa cara untuk menghidupak kembali industry kreatif diantaranya adalah dengan seni dan budaya. “salah satu caranya adalah dengan menghidupak seni dan budaya yang ada dimasyarakat. Seni dan budaya yang kita miliki sangat banyak dan sangat kaya. Tinggal sekarang bagaiman kita membuat kemasan yang bagus dan menarik, mengolahnya menjadi sebuah pertunjukan yang menarik masyarakat untuk menyaksikan. Mempromosikan dan menyajikannya semenarik dan sekreatif mungkin,” terang Sujiwo saat membuka Worshop/pelatihan tari Harmoni Kubu raya dan Joget Pesona Kubu Raya, di Aula kantor bupati Kubu Raya Kamis, 21 Februari 2019.

Sujiwo menjelaskan salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari ekonomi kreatif adalah pertunjukan seni dan budaya. Pertunjukan seni dan budaya apabila dikemas dengan baik akan mampu menumbuhkan ekonomi masyarakat. Sujiwo, berharap agar peserta pelatihan Tari Harmoni Kubu Raya dan Joget Pesona Kubu Raya mampu menjadi bagian penting dari pengembangan indusrtri tersebut. Dengan menjadi duta dan mempromosikan kepada masyarakat. Sehingga semakin banyak masyarakat yang mengetahui potensi tersebut.
“Kita harus melakukan gerakan yang massif untuk mempromosikan ini, sehingga ini nantinya akan menjadi sebuah crikhas daerah kita. Bila perlu bias kita lakukan secara massal. Ketika kita mengadakan pertunjukan seni dan budaya seperti ini secara massal akan banyak warga yang dapat kesempatan untuk menggairahkan ekonominya,” ujar Sujiwo

(Ibazz)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top