Busines

Sujiwo UMKM di KKR Mengalami Pertumbuhan Yang Baik

Kubu Raya – Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo menginginkan agar UMKM Kubu Raya terus mengalami pertumbuhan yang baik, sebagai salah sektor usaha dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal itu diungkapkan Sujiwo saat berkunjung ke Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kubu Raya.

Dalam lesempatan tersebut, Sujiwo berdiskusi dengan Kepala PerindagkopUMKM Kubu Raya Nora Sari Arani dan staf. Adapaun yang menjadi bahan diskusi diantaranya adalah pembinaan UKM dan Koperasi di Kubu Raya. Dimana Sujiwo mengharapkan agar UMKM Kubu senantiasa dapat dukungan dan pembinaan dari Pemerintah. Sehingga iklim dan pertumbuhan UMKM Kubu Raya yang sehat dapat terus tumbuh dengan baik.

“Kita ingin agar UKM-UKM kita dapat terus bertumbuh dengan sehat. Sehingga teman-teman pengusaha mikro dapat akses yang baik dan pembinaan yang baik hingga akses modal yang baik dari Pemerintah. Kita bisa fasilitasi mereka untuk mendapatkan akses. Sehingga disamping membuka lapangan kerja bagi masyarakat juga membuka peluang-peluang produktif bagi masyarakat,” ujar Sujiwo.

Sujiwo mengatakan UKM dan UMKM Kubu Raya harus terus dikembangkan dan dibina agar menjadi salah satu sektor penggerak ekonomi kerakyatan. Disamping itu, UKM fan UMKM Kubu Raya harus mampu menyajikan produk unggulan yang bersifat kearifan lokal.

“Tugas kita sekarang adalah bagaimna kita membuat terobosan dan inovasi untuk menggairahkan UKM dan UMKM kita. Kita memiliki banyak sekali potensi yang dapat kita kembangkan menjadi produk-produk olahan yang bersifat kearifan lokal yang harus kita dukung dan kita berikan ruang serta pembinaan,” ujar sujiwo.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Pedagangan dan Usaha Mikro Kubu Raya Norasari Arani menjelaskan saat ini ada 2617 UMKM yang berada dalam binaan Pemerintah Kubu Raya tersebar di sembilan Kecamatan. Sejauh ini, pendampingan terus dilakukan oleh dinas tekhnis dan juga pelatihan.

Nora menjelaskan pihaknya terus berupaya mencipatakan iklim yang kondusif dalam mengembangkan UMKM kepada masyarakat Kubu Raya. Pihkanya tidak hanya mengandalkan APBD, tetapi juga mencarikan dan membuka aksea terhapap APBN, melalui Kementeria Koperasi melalui program Wirausaha Pemula.

“Kita terus menerus melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap usaha-usaha kecil dan menegah di Kubu Raya untuk mendorong geliat ekonomi masyarakat. Bahkan kita membuka akses juga untuk mereka agar mendapatkab bantuan dari APBN melalui program wira usaha pemula dari kementrian Koperasi,” terang Nora.

Nora menjelaskan, disamping dari Kementerian Koperasi dan APBD, pihaknya juga membuka UMKM Kubu Raya untuk mendpatkan akses ke perbankan dengan pinjaman tanpa bunga dan CSR BUMN. Dikatakan Nora, apa yang menjadi salah satu fokus pengembangan ekonomi masyarakat dalam program Pemerintah saat ini sejalan dengan program-program yang sudah berjalan dan akan didukung penuh olehnya.

(Ibas)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top