Busines

Wagub Kalbar Ajak Petani Bertani Dengan Alat Modern

PONTIANAK – Wakil Gubernur (Wagub) Kalbar H Ria Norsan mengajak petani untuk bertani dengan alat modern dalam mendukung ketahanan Pangan di Indonesia pada umumnya dan Provinsi Kalbar pada khususnya.

“Kalau kita lihat hasil pertanian disini sangat luar biasa sekali. Kita harus menjadi petani dengan alat modern,” ajak H Ria Norsan, Minggu (3/3), saat Ini nama acaranya menghadiri Panen Raya 2019  Gapoktan Pilar Makmur di Dusun Panca Bhakti, Desa Peniti Luar, Kecamatan Siantan.

Wagub Kalbar juga meminta kepada Dinas Pertanian Kabupaten dan Provinsi agar dapat membina petani di Desa ini, karena lahan disini sudah sangat bagus sekali makanya harus dibina untuk mengarah pada petani yang modern dengan menggunakan sistem petanian yang modern.

“Kami sudah lihat petani di Luar Negeri sangat luar biasa. Mereka semua sudah menggunakan alat tani yang modern dalam bertani dan hasilnya sangat luar biasa,” perannya.

H Ria Norsan yang juga mantan Bupati Mempawah juga meminta kepada Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) harus banyak di lapangan untuk memberikan penyuluhan yang bermanfaat kepada petani supaya petani bisa mengaplikasikan dan mempraktekannya dilapangan sehingga hasil panennya itu akan menjadi baik dan masyarakat menjadi sejahtera.

“Kalau 1 hektar bisa hasilkan gabah kering 5 ton saja, maka 1 Tahun bisa memperoleh 15 ton gabah kering,” jelasnya.

Untuk itu, dirinya meminta supaya masyarakat disini dapat mempertahankan lahanya agar tetap menjadi lahan bertani yang unggul dan lahan yang sudah bagus ini jangan terkikis/diambil untuk dijadikan bangunan, perkebunan sawit dan lain sebagainya.

“Lahan kita yang masih terhampar luas ini agar tetap dapat dipertahankan menjadi lahan untuk bertani,” ingatnya.

Dikatakanya, apabila masyarakat bisa menguasai dunia ini, agar dapat menguasai pangan, karena jumlah penduduk makin hari makin bertambah dan menyebabkan pangan semakin berkurang.

“Petani adalah orang yang sangat berjasa bagi bangsa dan negara. Kalau tak ade petani, kite tak makan,” ujarnya.

(Dika)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top