Regional

Tak Lagi Booming Pedagang Batu Kecubung Masih Tampak di Pontianak

Penjual batu kecubung di jl Sungai Raya Dalam Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Foto: Ngadri)

Pontianak - Meski tidak booming lagi batu akik dan kecubung Kalimantan Barat, namun hingga saat ini masih digeluti oleh warga Pontianak dengan menjual batu di Jalan Sungai Raya Dalam, Kecamatan Sungai Raya kabupaten Kubu Raya Selasa,(12/03/2019)

Penjualan batu akik dan kecubung di Jl Sungai Raya Dalam mengaku pendapatan perhari turun jauh dibandingkan ketika booming pada tahun 2013. Dulu waktu booming pendapatan lumayan tapi sekarang biasa-biasa saja.

"Pembeli batu akik dan kecubung memang hingga saat ini masih ada, tapi tak seperti dulu, sekarang pendapatan cukup untuk makan sehari-hari,"ucap Andi kepada delikkalbar.com.

Ia menambahkan, batu akik dan kecubung merupakan icon asal kabupaten Ketapang dan Sambas. Seharusnya pemerintah daerah maupun provinsi menyiapkan tempat khusus untuk para pengrajin dan penjual batu supaya para pembeli dari daerah luar bisa langsung mengunjungi ke lokasi penjualan batu,"ujarnya.

Dulu pengrajin batu di sepanjang jalan Sungai Raya Dalam ini sangat ramai, tapi sekarang tinggal saya sendiri. Kemungkinan teman-teman yang lain berdagang yang lain karena hasil penjualan batu tidak lagi menjanjikan.

"Para konsumen yang datang tidak semua nya membeli batu. Ada yang memperbaiki cincin dan terkadang memasang batu untuk dipasang pengikat atau mengganti dengan pengikat cincin yang baru,"tandasnya.

(Dri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top