Regional

BPPD Kubu Raya Sosialisasi SIMRAL

Kubu Raya - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kubu Raya melaksankan Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Manajemen peRencanaan, pengAnggaran dan peLaporan (SIMRAL) Dalam Mendukung Proses Pembangunan Daerah, dengan mengundang kepala-kepala OPD dan Camat serta admin IT dari masing-masing OPD.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, Sosialisasi tersebut difokuskan pada kebutuhan dukungan implementasi teknologi informasi dalam pengelolaan kegiatan pembangunan daerah supaya konsisten (runut dan utuh), transparan, dan akuntabel, sehingga peluang penyalahgunaan anggaran bisa diminimalkan, atau dihilangkan.

“Kita ingin melakukan optimalisasi sistem informasi dan teknologi, pemanfaatna sarana tekhnologi untuk melakukan pengelolaan data supaya lebih transparan, lebih terarah dan runut serta utuh. Sekaligus juga akan meminimalisir segala keungkinan-kemungkinan penyalahgunaan dilapangan,”ucap Muda Mahendrawan Kamis,(14/03)

Muda Mengatakan, salah satu yang paling penting dari kegiatan tersebut adalah integrasi antara e-Planning dengan e-Budgeting, untuk itu diperlukan upaya percepatan dalam implementasinya. SIMRAL BPPT diharapkan dapat mendukung upaya percepatan implementasi ini melalui model replikasi sistem yang akan diimplementasikan di Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.
“Bahwa integrasi e-Planing dan e-Budgeting sangat membutuhkan sinergi dari instansi-instansi terkait untuk dapat merumuskan bersama model yang optimal. Instansi terkait dalam hal ini meliputi OPD dan Kecamatan. Dalam hal ini PTIK BPPT siap memberikan dukungan dalam penggunaan teknologi informasi yang dibutuhkan. Melalui sinergi ini diharapkan dapat terwujudnya penggunaan teknologi informasi atau e-Government yang lebih efektif dan efisien dalam mendukung reformasi birokrasi, dan akuntabiltas pelayanan public di Kubu Raya,” terang Muda.

Muda mengatakan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya sangat mendukung Sistem Informasi Manajemen Perencanaan , Penganggaran, dan pelaporan (SIMRAL)
“karena dengan SIMRAL ini secara langsung bisa mengintegrasikan seluruh Perencanaan , penganggaran , Evaluasi kita lebih baik lagi.” Jelas Muda.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah(BAPPEDA) Yusran Anizam menjelaskan, bahwa Sistem Informasi Manajemen Perencanaan , Penganggaran, dan pelaporan (SIMRAL) ini salah satu unsur yang harus dilaksanakan Pemerintah Daerah , guna mengintegrasikan Sistem perencanaan dan Penataan usahaan Keuangannya
”pihaknnya merasa bersyukur pak Bupati dan wakil Bupati menyambut baik program baru ini, dan ini memang diperintahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)”. ungkapnya

Sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Perencanaan , Penganggaran, dan Pelaporan (SIMRAL) selanjutnya nantinya akan disosilaisasikan kepada seluruh Organisai Perangkat Daerah(OPD) Pemerintah kabupaten Kubu Raya, termasuk DPRD Kubu Raya , guna mensinkronisasi Pelaporan dan Anggaran.
“Maksud dan tujuan SIMRAL ini adalah agar Manajemen Perencanaan, Penganggaran, dan Pelaporan difokuskan pada kebutuhan dukungan implementasi teknologi informasi dalam pengelolaan kegiatan pembangunan supaya membangun tertib administrasi dan terjaganya konsistensi data pembangunan daerah, pengelolaan program dan kegiatan pembangunan serta pengelolaan keuangan daerah nya bisa dipertanggungjawabkan,transparan, dan akuntabel,” ungkapnya.

(Ibas)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top