Politik

Sentra Gakumdu Sanggau Siap Lakukan Pengawasan Pemilu

Foto: Sentra Gakkumdu Kabupaten Sanggau Ketika Menggelar Rapat Persiapan Menjelang Masa Tenang, Pemungutan dan Penghitungan Suara pada Pemilu 2019 di Kantor Bawaslu Sanggau, Rabu (10/4/2019)

SANGGAU – Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) Kabupaten Sanggau yang merupakan gabungan lintas instansi yakni Bawaslu Sanggau, Kejaksaan Negeri Sanggau, dan Polres Sanggau menggelar rapat persiapan menjelang masa tenang, pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2019 di Kantor Bawaslu Sanggau di kompleks pasar rawa bangun Kelurahan Ilir Kota Kecamatan Kapuas, Rabu (10/4/2019).

Kepada wartawan, Komisioner Bawaslu Kabupaten Sanggau yang juga koordinator sentra Gamundu berharap seluruh peserta Pemilu bisa menghargai dan menghormati di masa tenang. Tidak ada kegiatan kampanye dalam bentuk apapun.

Untuk memastikan itu, lanjut Ino sapaan akrabnya, pihaknya dari Sentra Gakkumdu siap melakukan patroli pengawasan. Nantinya akan diatur jadwal untuk berpatroli ditempat-tempat yang dianggap rawan di wilayah Kabupaten Sanggau.

“Kegiatan dimulai saat masuk masa tenang pada tanggal 14,15,16 dan hari pumgut hitung pada tanggal 17 April 2019, ”ujarnya.

Untuk di Kecamatan, lanjut Ino, pihaknya punya jajaran Kecamatan yang selalu stanby di sekretariatnya masing-masing.
“Personelnya juga lengkap, fasilitasnya juga sudah lengkap sampai ditingkat pengawas TPS kita sudah siap dilapangan. Pada saat patroli kita juga monitor rekan-rekan yang ada dibawah, ”pungkasnya.

Untuk sasaran utama, lanjut Ino, terhadap tindakan atau dugaan pelanggaran terutama yang mengarah ke tindak pidana pemilu dan politik uang.

“Sekaligus kita juga berpatroli untuk melihat alat peraga kampanye, bahan kampanye dan kegiatan-kegiatan kampanye yang dilarang pada masa tenang, ”pungkasnya.

Sementara itu, Koordinator Sentra Gakkumdu dari Polres Sanggau yang juga Kasat Reskrim Polres Sanggau, AKP Haryanto menyampaikan, jumlah personel di Sentra Gakkumdu sebanyak 16 orang. Terdiri dari Bawaslu enam orang, Kejari lima orang dan Polres Sanggau lima orang.

“Untuk patroli nanti secara teknis akan dibagi, dan terkait dengan tim-timnya kan tidak harus kumpul di Kota Sanggau, tapi dipencar. Kami ada yang dilibatkan di TPS, tapi khusus untuk di Gakkumdu tidak dilibatkan di TPS tapi fokus di Gakkumdu, ”terangnya.

Sementara itu, Pembina Sentra Gakkumdu dari Kejari Sanggau yang juga Kasi Pidum Kejari Sanggau, Adityo Utomo menyampaikan, Kejari tentu berperan aktif dalam Sentra Gakkumdu ini.

“Diharapkan dengan adanya patroli atau pengawasan ini, tindak pidana pelanggaran Pemilu ini dapat kita kurangi. Dan kalau bisa malah tidak ada sama sekali, ”harapnya.

Karena itu, lanjut Adit sapaan akrabnya, masyarakat di daerah banyak yang belum tahu adanya Sentra Gakkumdu ini.

“Jadi kita sekaligus memberikan informasi kepada masyarakat bahwa kami ini ada, kamilah pengawas terhadap pelaksanaan pemilu ini. Dan diharapkan kedepan tidak ada pelanggaran-pelanggaran atau tindak pidana Pemilu yang terjadi di Kabupaten Sanggau,” tuturnya.

(dra)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top