Regional

Hoax Crisis Center Kalbar Bagi Tips Cek Kabar Bohong

Foto: Ketua hoax Crisis Center HCC Kalbar Edo Sinaga

Pontianak – Kepolisian Polda Daerah Kalimantan Barat bidang hubungan masyarakat menyelenggarakan kegiatan tatap muka dengan awak media Kalbar, integritas dengan awak media massa menciptakan pemilu 2019 yang aman dan damai di Kalimantan Barat Rabu,(10/04) pukul 9.20 WIB.

Kegiatan tatap muka Kapolda Kalbar dengan awak media Dihadiri oleh sejumlah awak media, pimpinan redaksi media cetak, televisi, radio dan media online yang hadir sekitar 95 Wartawan dan dan pimpinan redaksi.

Tatap muka Kapolda Kalbar dengan awak media diawali dengan lagu Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan kata sambutan Kabidhumas Polda Kalbar AKBP Donny Charles Go yang menyampaikan pentingnya peran media menyampaikan informasi dalam bentuk berita.

“Dari catatan saya jumlah media yang terdata di bidang Humas Polda Kalbar ada 75 media massa cetak,radio, televisi dan media online. Terdiri dari media televisi 14, media cetak 12, radio 7 dan media online 43,”kata Kabidhumas Polda Kalbar AKBP Donny Charles.

Lebih lanjut Kabidhumas Polda Kalbar AKBP Donny Charles menambahkan, sejak bulan Januari hingga bulan April tercatat ada ribuan konten berita yang terbit dengan narasumber teratas diperoleh oleh Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono dan disusul oleh narasumber yang lainnya yakni Kombes Pol Supriyadi.

Usai Kabidhumas Polda Kalbar selesai menyampaikan kata sambutan, berikutnya kata sambutan dilanjutkan oleh Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Didi Haryono yang menyampaikan bahwa peran media sangat penting untuk mengedukasi masyarakat. Terutama menjelang pelaksanaan pemilu 2019 yang akan dilaksanakan secara serentak.

“Pemilu akan dilaksanakan 7 hari kedepan tolong teman-teman media sampaikan kepada masyarakat bahwa kondisi saat ini di Kalimantan Barat aman dan siap untuk melaksanakan pesta demokrasi tersebut,”ucap Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono.

Selanjutnya, salah satu wartawan senior Edo Sinaga dari media RRI Pontianak dan sekaligus ketua Hoax Crisis Center (HCC) Kalbar oleh Kapolda Kalbar diberikan waktu untuk menyampaikan tips dan mengetahui jenis kabar bohong atau hoax yang sering didapati masyarakat di media sosial.didepan 95 Wartawan dan sejumlah pimpinan redaksi Edo memberikan tips cara mengetahui kabar bohong atau hoax tersebut.

“Untuk mengetahui kabar bohong atau hoax itu sangat mudah, yang pertama cek konten nya, foto dan narasumbernya. Selanjutnya lakukan cek ricek ke beberapa media yang lainnya, apabila berita tersebut ada di media lain bisa jadi informasi atau berita tersebut benar. Namun, masyarakat harus cerdas apabila menerima kabar atau berita jangan langsung di share atau disebar luaskan karena khawatir berita tersebut tidak benar.Saya mengajak teman-teman media untuk bersama- sama memerangi Kabar bohong atau hoax ini. Karena akibat Kabar bohong bisa mengganggu keamanan dan kenyamanan di masyarakat,”pungkasnya.

(Dri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top